comscore

BI Serahkan 64 Berkas Arsip Biro Lalu Lintas Devisa ke Arsip Nasional

Husen Miftahudin - 28 Desember 2020 15:18 WIB
BI Serahkan 64 Berkas Arsip Biro Lalu Lintas Devisa ke Arsip Nasional
Bank Indonesia (BI) menyerahkan 64 berkas arsip Biro Lalu Lintas Devisa (BLLD) kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Foto : Screenshot Zoom.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyerahkan 64 berkas arsip Biro Lalu Lintas Devisa (BLLD) kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Secara simbolis dan virtual, berkas-berkas tersebut diserahkan oleh Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI M Taufik.

"Bersama ini kami sampaikan arsip Bank Indonesia secara simbolis melalui virtual kepada ANRI. Mohon dapat diterima dan dikelola dengan baik, serta semoga bermanfaat sebagai sumber informasi dan edukasi," ucap Rosmaya saat menyerahkan berkas arsip BLLD dalam acara Apresiasi Kearsipan Bank Indonesia secara virtual di Jakarta, Senin, 28 Desember 2020.
Secara virtual, M Taufik pun langsung menerima berkas-berkas arsip yang diberikan oleh Rosmaya Hadi. Dengan penyerahan ini, maka Bank Indonesia telah memenuhi amanat Undang-Undang (UU) Kearsipan dalam rangka wajib serah arsip statis kepada lembaga kearsipan, dalam hal ini ANRI.

"Kami berjanji bahwa arsip yang diserahkan ini akan kami jaga dan disimpan, dan akan kami kembalikan kepada masyarakat untuk dapat informasi lengkap dan sebagai knowledge ke depan bahwa arsip sebuah informasi dan pengetahuan khususnya bagi anak bangsa," papar M Taufik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas BI Yunita Resmi Sari menyatakan bahwa Bank Indonesia sangat peduli terhadap arsip. Hal ini sebagai wujud dari tata kelola yang baik di bank sentral.

"Arsip merupakan pusat ingatan sumber informasi dan bahan sejarah. Kepedulian kita terhadap arsip dapat menjaga setiap catatan peristiwa dan perjalanan Bank Indonesia yang selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam pengambilan kebijakan," paparnya.

Ia menjelaskan pengelolaan arsip di Bank Indonesia diatur dalam manajemen dokumen BI dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Antara lain sentral khazanah arsip, sumber daya manusia, serta sistem informasi yang andal.

Guna meningkatkan kualitas sistem kearsipan, pada 2020 telah dilakukan verifikasi akreditasi kearsipan di BI oleh Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI yang prosesnya meliputi pengujian terhadap kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta organisasi dengan hasil akreditasi A atau sangat baik.

Yunita menegaskan, sebanyak 64 berkas arsip BLLD yang diberikan Bank Indonesia kepada ANRI bukan merupakan arsip yang bersifat rahasia. Berkas-berkas arsip tersebut juga tidak terkait dengan perkara hukum dan masih dalam kategori arsip statis yang berusia lebih dari 30 tahun.

"Bank Indonesia menyerahkan arsip kepada ANRI sebanyak 64 berkas yang merupakan arsip Biro Lalu Lintas Devisa atau BLLD. BLLD merupakan lembaga pemerintah yang diintegrasikan ke Bank Indonesia, sehingga ketentuan pengaturan prosedur lalu lintas devisa masuk dalam lingkup tugas dan wewenang Bank Indonesia," pungkas dia.  


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id