Inisiatif BI Dorong Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Husen Miftahudin - 30 Oktober 2020 11:17 WIB
    Inisiatif BI Dorong Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah
    Ilustrasi ekonomi digital - - Foto: Medcom
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) memiliki inisiatif untuk mendorong inklusi ekonomi dan keuangan syariah melalui digitalisasi, yaitu meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

    Selain itu, bank sentral juga memfasilitasi interlink antara bank dan perusahaan teknologi finansial (fintech) syariah melalui standarisasi Application Programming Interface (API).

    "Kedua inisiatif tersebut merupakan bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang bertujuan untuk mendorong transformasi digital dalam perekonomian dan keuangan Indonesia, termasuk inklusi ekonomi dan keuangan syariah," kata Anggota Dewan Gubernur BI Sugeng dalam keterangannya seperti dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Lebih lanjut, Sugeng menyampaikan bahwa terdapat tiga langkah yang perlu diperkuat oleh negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan syariah. Pertama, membangun kerja sama (cooperation) antarnegara anggota OKI dengan berbagai keunggulan dan potensinya.

    "Beberapa kerja sama yang dapat dilakukan antara lain rantai nilai halal internasional dan layanan sistem pembayaran lintas negara," ungkap dia.

    Kedua, kolaborasi (collaboration) terutama dalam bentuk pertukaran platform keamanan siber (cyber security sharing platform) dalam menghadapi risiko terkait digitalisasi. Ketiga, literasi melalui kerja sama penguatan riset, asesmen, dan edukasi.

    Sugeng menyatakan ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dengan digitalisasi. Hal itu sejalan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah yang makin luas, meliputi antara lain rantai nilai halal, media, pariwisata, farmasi dan kosmetik, serta pembiayaan komersial dan sosial.

    "Selain itu, pandemi covid-19 telah membawa perubahan ke arah nirkontak dalam melakukan berbagai aktivitas. Dengan digitalisasi, ekonomi dan keuangan syariah diharapkan dapat menjadi arus baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi," pungkas Sugeng.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id