PermataBank Sambut Pemegang Saham Pengendali Baru

    Angga Bratadharma - 21 Mei 2020 10:29 WIB
    PermataBank Sambut Pemegang Saham Pengendali Baru
    Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
    Jakarta: PT Bank Permata Tbk atau PermataBank secara resmi telah diberitahukan oleh Standard Chartered Bank Plc (Standard Chartered Bank) dan PT Astra International Tbk (Astra International) mengenai penutupan transaksi. Selain itu, memberitahukan pengumuman resmi pemegang saham pengendali baru, Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank).

    Akuisisi ini telah mendapat persetujuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bangkok Bank melakukan pengambilalihan atas 89,12 persen saham PermataBank dari jumlah saham telah ditempatkan dan disetor dari Standard Chartered Bank dan Astra International.

    Transaksi pegambilalihan ini tunduk pada peraturan yang berlaku, terutama Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.41/POJK.03/2019 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, Integrasi dan Konversi Bank Umum dan peraturan lain yang berlaku.

    Presiden Direktur PermataBank Ridha DM Wirakusumah mengatakan PermataBank menyambut baik Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali baru PermataBank. Adapun PermataBank mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Astra International dan Standard Chartered Bank selama 16 tahun.

    "Keduanya telah berperan besar dalam membawa PermataBank sampai ke posisinya hari ini, sebagai salah satu dari 15 bank terbesar di Indonesia. Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kepemimpinan dan pengarahan dewan komisaris dari Astra International dan Standard Chartered Bank selama ini," tuturnya, dalam keterangannya, Kamis, 21 Mei 2020.

    Di tengah tantangan pandemi covid-19, PermataBank menutup kuartal I tahun ini dengan kinerja yang stabil didukung oleh kerangka manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang kuat. Dalam kuartal I-2020 yang berakhir sampai dengan 31 Maret 2020, PermataBank masih membukukan pendapatan operasional sebesar Rp2,1 triliun.

    Pencapaian itu tumbuh 15,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan bunga bersih sebesar Rp1,6 triliun atau tumbuh 15,5 persen year-on-year (yoy) sejalan dengan pertumbuhan kredit yang tumbuh 5,7 persen yoy. Kinerja ini juga didukung oleh posisi likuiditas dan permodalan yang kuat.

    "Kami percaya Bangkok Bank akan memberikan dukungan terbaik bagi PermataBank untuk menjadi pemain yang kuat dalam lanskap perbankan Indonesia. Kami akan terus mengembangkan bisnis sebagai bank pilihan bagi para pemangku kepentingan dan memperkuat kemampuan kami dalam mengembangkan bisnis," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id