Viral di TikTok, Aset Kripto Melonjak 100%

    Husen Miftahudin - 09 Juli 2020 20:31 WIB
    Viral di TikTok, Aset Kripto Melonjak 100%
    Dogecoin. Foto: Indodax
    Jakarta: Harga aset kripto dogecoin (DOGE) naik 100 persen dalam satu hari setelah viral di media sosial TikTok. Kondisi ini membuat masyarakat semakin sadar terhadap ragam produk aset kripto, sehingga tidak melulu dikaitkan dengan bitcoin.

    Di Indonesia, dogecoin diperdagangkan di Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax). Pada hari ini, harga dogecoin diperdagangkan sebesar Rp76 per koin atau naik hampir 100 persen bila dibandingkan dengan harga pada perdagangan kemarin sebesar Rp40 per koin.

    "Kenaikan DOGE hampir 100 persen sehari ini membuat makin besar userbase dogecoin karena viralnya dogecoin di TikTok global. Selama ini dogecoin juga cukup banyak dipergunakan ekosistem di online untuk bertransaksi seperti bitcoin. User Indodax hampir seperti menggandakan uangnya dalam sehari melalui trading dogecoin ini," kata CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 9 Juli 2020

    Pada awalnya dogecoin diciptakan dengan gimik candaan. Penciptanya, Jackson Palmer mengambil nama DOGE dari meme anjing 'doge' yang sering muncul di media sosial dan menganggapnya sebagai lelucon (joke) cryptocurrency.

    Menurut Oscar, dogecoin merupakan salah satu aset kripto paling menarik dibandingkan yang lainnya. Pasalnya, DOGE memiliki ekosistem tersendiri dan bertransformasi menjadi aset yang punya penggemar (fan base).

    "Dogecoin memang kripto yang paling menarik dibandingkan lainnya karena dibuat pada awalnya hanya untuk bercandaan, tapi akhirnya menjadi ekosistem sendiri yang mandiri," urai dia.

    Berdasarkan catatan coinmarketcap.com, volume perdagangan dogecoin yang ada di seluruh negara pada hari ini melonjak menjadi USD881 juta atau setara Rp12,68 triliun (kurs Rp14.400 per USD). Capaian tersebut mengalami peningkatan hingga 680 persen dalam satu tahun.

    Di Indodax, volume transaksi aset kripto dogecoin pada saat yang sama mencapai Rp58 miliar. Imbas viralnya video DOGE di TikTok membuat dogecoin mengalami kebanjiran permintaan dari investor maupun trader.

    Tak tanggung-tanggung, dogecoin bahkan merangsek sebagai aset kripto dengan volume transaksi terbesar pada hari ini. DOGE mengalahkan volume transaksi bitcoin yang pada hari ini hanya meraup sebesar Rp34,2 miliar.

    Oscar bilang, dogecoin melengkapi bitcoin sebagai aset kripto populer yang layak dibeli di tengah pandemi covid-19. Produk-produk aset kripto saat ini diklaim bisa menopang kinerja produk instrumen investasi seperti saham yang anjlok akibat gejolak ekonomi imbas covid-19.

    "Selain itu, masih ada aset kripto atau koin-koin lain yang bisa untuk dikoleksi di tengah pandemi. Indodax memperdagangkan lebih dari 70 aset kripto dari luar negeri dan dalam negeri. Bahkan di Indonesia sendiri, banyak koin dalam negeri yang menunjukkan performa apik," tutup Oscar.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id