Ekonomi Membaik, Kredit Perbankan Oktober 2021 Tumbuh 3,24%

    Husen Miftahudin - 25 November 2021 11:05 WIB
    Ekonomi Membaik, Kredit Perbankan Oktober 2021 Tumbuh 3,24%
    Ilustrasi penyaluran kredit perbankan - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan fungsi intermediasi perbankan pada Oktober 2021 kembali mencatatkan tren peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan penyaluran kredit perbankan yang tumbuh sebesar 3,24 persen (yoy) atau 3,21 persen (ytd).

    "Secara sektoral, kredit sektor utama tercatat mengalami peningkatan terutama pada sektor manufaktur dan rumah tangga dengan peningkatan masing-masing sebesar Rp5,3 triliun dan Rp8,8 triliun," ucap Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran persnya, Kamis, 25 November 2021.

     



    Menurut Anto, masifnya penyaluran kredit tersebut mencerminkan bahwa dukungan perbankan dalam pemulihan ekonomi nasional semakin membaik. Di sisi lain, lanjutnya, Dana Pihak Ketiga (DPK) juga tercatat tumbuh sebanyak 9,44 persen (yoy).

    Selain itu, likuiditas industri perbankan pada Oktober 2021 masih berada pada level yang memadai. Hal ini terlihat dari rasio Alat Likuid/Non-Core Deposit dan Alat Likuid/DPK masing-masing sebesar 154,59 persen dan 34,05 persen.

    "Angka-angka tersebut berarti masih di atas ambang batas ketentuan masing-masing pada level 50 persen dan 10 persen," ungkapnya.

    Dari sisi permodalan, lembaga jasa keuangan juga mencatatkan permodalan yang semakin membaik. Industri perbankan mencatatkan peningkatan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) menjadi sebesar 25,34 persen atau jauh di atas threshold.

    "OJK secara konsisten melakukan asesmen terhadap perekonomian dan sektor jasa keuangan bersama dengan pemerintah dan otoritas terkait lainnya serta para stakeholder dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan di tengah momentum akselerasi pemulihan ekonomi nasional," pungkas Anto.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id