Startup Teknologi Diminta Listing di Tanah Air

    Annisa ayu artanti - 02 Maret 2021 20:34 WIB
    <i>Startup</i> Teknologi Diminta <i>Listing</i> di Tanah Air
    Ilustrasi perusahaan rintisan bersiap melantai di bursa saham - - Foto: Medcom



    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong perusahaan rintisan atau startup unicorn untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal Tanah Air. Pasalnya, beberapa startup lokal tersebut berencana melakukan initial public offering (IPO) di bursa saham luar negeri.

    "Kami telah berbicara dengan unicorn untuk mencatatkan saham di BEI," kata Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam webinar, Selasa, 2 Maret 2021.






    Inarno menjelaskan beberapa kali bursa telah bertemu dengan perusahaan-perusahaan tersebut. BEI pun bersedia memberikan dukungan jika mereka mau meramaikan pasar modal dalam negeri.

    "Kami juga telah beberapa kali bertemu dengan mereka dan membicarakan tentang apa yang bisa kami dukung agar mereka dapat mencatatkan saham di BEI," terang dia.

    Sebelumnya Komisari BEI Pandu Sjahrir mengungkapkan  bursa secara aktif telah berdiskusi dengan perusahan-perusahaan tersebut sejak Juli tahun lalu. Bursa pun menyampaikan benefit-benefit yang akan mereka peroleh jika listing di BEI.

    "Saya tekankan tiga (benefit). Satu, dari sisi fiskal insentif buat founders. Sisi company dan pajak untuk fiskal insentif," sebut Sjahrir beberapa waktu lalu.

    Kemudian, benefit kedua adalah alternatif financing yang bisa diperoleh. "Karena mereka kan underlying bisnisnya dalam rupiah dan ini semua dalam rupiah. Jadi ada matching baik dari sisi pendanaan dan juga dari sisi income," ucapnya.

    Lalu benefit ketiga dari sisi keterikatan atau engagement. Pandu mengatakan, meskipun bursa Amerika Serikat dan Hong Kong merupakan bursa yang bagus tapi market perusahaan-perusahaan teknologi yang akan IPO itu ada di Indonesia.

    "Ketiga, dari sisi engagement. Yes Amerika Serikat bagus Hong Kong bagus tapi jangan lupa Indonesia adalah market yang paling memakai produk-produk ini," tukasnya.

    Adapun dua perusahaan yang berencana melakukan initial public offering (IPO) di dua bursa saham berbeda yakni Traveloka dan Tokopedia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id