comscore

Waspadai Tekanan dari AS, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

Eko Nordiansyah - 17 Juni 2022 14:23 WIB
Waspadai Tekanan dari AS, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Jakarta: Pasar keuangan saat ini mengalami tekanan imbas kenaikan suku bunga yang agresif dari The Fed guna menekan laju inflasi di Amerika Serikat (AS). Bagi Indonesia, situasi di AS telah memberikan dampak kepada penurunan pasar modal dan nilai tukar rupiah.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah dalam hal ini KSSK sebaiknya segera lakukan stres test kembali terhadap lembaga keuangan yang rentan atau memiliki exposure terhadap pembiayaan di luar negeri.
"Tingkatkan devisa ekspor dengan mendorong porsi produk industri bernilai tambah. Kurangi ketergantungan pada impor pangan dan bahan baku, sebisa mungkin dorong kapasitas produksi di dalam negeri," kata dia kepada Medcom.id, Jumat, 17 Juni 2022.

Bhima menyarankan, pemerintah juga bisa memerikan tambahan alokasi belanja untuk jaring pengaman sosial khususnya bagi kelas menengah rentan. Hal ini dilakukan agar masyarakat menengah bawah tidak terimbas secara langsung akibat ketidakpastian global.

Selain itu, di dalam negeri yang perlu dicermati adalah penyebaran wabah PMK hewan ternak, penunjukkan menteri perdagangan berlatar belakang politisi, arah kebijakan fiskal 2023, penyesuaian tarif listrik dan pembatasan BBM subsidi, hingga mulai naiknya kasus covid-19.

"Downside risk tidak saja karena faktor eksternal tapi bersumber dari fundamental ekonomi yang mulai terganggu. Surplus perdagangan pada Mei mulai mengecil, karena beberapa harga komoditas seperti batu bara dan sawit alami koreksi," ungkapnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id