IHSG Diprediksi Melemah Pekan Depan

    Media Indonesia - 23 Agustus 2020 16:23 WIB
    IHSG Diprediksi Melemah Pekan Depan
    IHSG pekan depan diprediksi melemah. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melemah dalam sepekan ke depan. Mengingat, perdagangan pekan ini hanya dibuka selama dua hari.

    "Minggu pendek di pasar saham Indonesia membuat banyak faktor luar negeri belum terdiskon di pasar. Banyak faktor negatif dan ketidakpastian. Kami perkirakan IHSG sepekan berpeluang konsolidasi melemah," ujar Direktur PT Anugrah Mega Investama, Hans Kwee, dikutip Media Indonesia, Minggu, 23 Agustus 2020.

    Ada beberapa sentimen global yang memengaruhi. Seperti, zona Eropa yang menunjukkan terhentinya pemulihan ekonomi kawasan. Berikut Purchasing Managers Index (PMI) sektor jasa menunjukkan lambatnya pemulihan.

    Pemulihan melambat akibat tingginya kasus covid-19, yang menyebabkan pembatasan aktivitas bisnis. Hal ini menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan, karena menunjukkan dampak pandemi belum berakhir. Situasi panas geopolitik datang dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, yang memperingatkan Tiongkok dan Rusia untuk tidak melanggar sanksi PBB terhadap Iran.

    “Ini berpotensi meningkatkan harga emas dan minyak dunia," imbuhnya.

    Adapun sentimen lain bersumber dari konflik Tiongkok dan AS. Mulai dari penjualan operasi aplikasi TikTok di Negeri Paman Sam, hingga pembatasan terhadap Huawei untuk mendapatkan chip buatan AS.

    Ditambah lagi pertemuan evaluasi antara Washington dan Beijing yang membahas kesepakatan perdagangan. Pertemuan juga menunjukkan ketidakpastian.

    Kendati demikian, Hans berpendapat ada sentimen positif dari data aktivitas bisnis AS yang mulai naik. Tecermin dari peningkatan kinerja sektor manufaktur dan jasa, serta penjualan rumah. Hans memperkirakan IHSG sepekan berpeluang konsolidasi melemah. Support IHSG di level 5218 sampai 5119 dan resistance di level 5327 sampai 5400.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id