BI Catat Rp7,01 Triliun Modal Asing Masuk RI

    Eko Nordiansyah - 05 Juni 2020 17:24 WIB
    BI Catat Rp7,01 Triliun Modal Asing Masuk RI
    Ilustrasi dana asing masuk RI - - Foto: AFP/ Oscar Siagian
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk ke Indonesia sebesar Rp7,01 triliun pada pekan pertama Juni 2020. Aliran modal asing menjadi bukti kepercayaan investor masih tinggi terhadap ekonomi Indonesia.

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan aliran modal masuk terus mengalami peningkatan. Bahkan sejak pekan kedua bulan lalu arus modal asing ke Indonesia terus meningkat, khususnya ke pasar Surat Berharga Negara (SBN).

    "Confidence investor termasuk asing terhadap kondisi ekonomi Indonesia, semakin lama semakin baik. Itu terbukti dari aliran modal asing masuk khususnya ke SBN," katanya dalam video conference di Jakarta, Jumat, 5 Juni 2020.

    Pada pekan kedua Mei, sebanyak Rp2,97 triliun dana asing yang masuk ke Indonesia. Jumlahnya meningkat di pekan ketiga sebesar Rp6,15 triliun, kemudian turun menjadi Rp2,5 triliun di minggu keempat Mei dan kembali meningkat awal bulan ini.

    Ia menambahkan nilai tukar rupiah yang terus menguat, mekanisme pasar yang terus berjalan, intervensi bank sentral yang berkurang, dan aliran modal masuk yang cukup besar membuat posisi cadangan devisa kembali meningkat.

    "Tentu cadangan devisa kita Alhamdulillah meningkat. Nanti Senin (8 Juni) akan kami rilis publikasinya. Angkanya lebih tinggi dari akhir bulan lalu," pungkas dia.

    Pada akhir April 2020, BI mencatat cadangan devisa sebesar USD127,9 miliar atau setara Rp191,8 triliun (kurs Rp15 ribu per USD). Posisi tersebut meningkat dibandingkan dengan akhir Maret 2020 yang sebesar USD121,0 miliar atau setara Rp181 triliun. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id