Memanfaatkan Keuangan Sosial Syariah untuk Bangun Kembali Indonesia

    Angga Bratadharma - 08 Agustus 2020 15:01 WIB
    Memanfaatkan Keuangan Sosial Syariah untuk Bangun Kembali Indonesia
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: United Nations Development Programme (UNDP) bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), PT Principal Asset Management (Principal), dan PT Ammana Fintek Syariah (Ammana) meluncurkan kemitraan baru. Langkah itu dilakukan untuk mendukung pemulihan akibat covid-19 dan membangun ekonomi untuk masyarakat rentan di Indonesia.

    Kemitraan ini berangkat dari berhasilnya proyek UNDP-BAZNAS yang membangun lima pembangkit listrik mikrohidro untuk menyediakan listrik yang sangat dibutuhkan bagi lebih dari 4.000 penduduk miskin di daerah terpencil di Jambi. Kemitraan ini memungkinkan replikasi sinergi tersebut.

    Selain itu, akan menyediakan program pemulihan bencana kepada sekitar 10 ribu orang di desa Sambil Elen, Lombok dan desa Tuva di Sulawesi Tengah. Kemudian kemitraan ini juga akan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), khususnya yang terkait dengan kemiskinan, ketimpangan, dan energi.

    Kepala Perwakilan UNDP Christophe Bahuet mengatakan pandemi covid-19 memiliki dampak sosial-ekonomi yang destruktif. Situasti ini menambah tantangan pemulihan dan pembangunan pada masyarakat yang rentan atau menderita dari bencana alam baru-baru ini.

    "UNDP berkomitmen membantu membangun kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang yang terkena dampak. Ini lah yang akan kita lakukan melalui kerangka kemitraan baru ini," kata Christophe Bahuet, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 8 Agustus 2020.

    Dengan akses ke energi, penduduk di desa-desa tersebut akan dapat mengolah komoditas lokal, seperti kopi, jambu mete, madu, dan karet, menjadi produk jadi untuk dijual. Proyek ini juga memungkinkan warga desa memperoleh keterampilan baru, yaitu meningkatkan produksi tanaman dan memelihara perkebunan untuk bisnis yang tangguh dan berkelanjutan.

    "Program kerja sama BAZNAS dan UNDP untuk memanfaatkan potensi zakat dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Tambahan kolaborasi dari Principal Asset Management dan Ammana Fintek Syariah tentunya semakin memperbanyak lagi masyarakat terdampak pandemi dapat terbantu nantinya," ujar Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id