comscore

Mau Sehat Secara Finansial? Yuk Mengenal Investasi di Reksa Dana

Angga Bratadharma - 18 Oktober 2021 10:07 WIB
Mau Sehat Secara Finansial? Yuk Mengenal Investasi di Reksa Dana
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Di tengah pandemi seperti ini selain suplemen makanan bisa memperkuat imunitas, tentunya kita juga harus sehat secara finansial. Caranya dengan apa, tentunya salah satunya adalah dengan berinvestasi. Tapi, sebelum memutuskan untuk investasi perlu ada pertimbangan instrumen apa yang tepat.

Dalam hal ini, Tim Wealth Management Bank OCBC NISP mengungkapkan, reksa dana menjadi salah satu produk perbankan yang populer karena jenis investasi yang menguntungkan, dan tingkat profitabilitasnya pasti serta minim risiko. Bahkan reksa dana adalah salah satu jenis investasi dengan modal rendah.

 



"Cocok bagi pemula yang memerlukan booster suplemen bagi kesehatan finansial mereka," kata Tim Wealth Management Bank OCBC NISP, dilansir dari keterangan tertulisnya, Senin, 18 Oktober 2021.

Investasi reksa dana adalah sekumpulan dana berasal dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi pada instrumen investasi lain seperti pasar saham, obligasi, dan lainnya. Apabila mendapatkan keuntungan, dananya akan dibagi sesuai dengan jumlah reksa dana yang dibeli.

Sebenarnya reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang diperuntukkan tak hanya bagi investor senior tetapi juga pemula. Mengapa bisa demikian? Sebab setoran awal reksa dana relatif terjangkau dibandingkan dengan aktivitas penanaman modal lainnya.

Terdapat pula manajer investasi yang siap memandu serta membantu para investor dalam melakukan aktivitas ini. Artinya tak perlu takut lagi apabila investasi terbengkalai ataupun mengalami kerugian. Berikut jenis-jenis reksa dana.

1. Reksa dana saham

Dana yang diberikan akan diinvestasikan kepada efek saham yang paling menguntungkan berdasarkan perhitungan manajer investasi. Reksa dana ini sesuai untuk investasi jangka panjang, setidaknya sepanjang lima tahun.

2 Reksa dana pendapatan tetap

Jika memilih jenis ini, dana akan diinvestasikan pada instrumen yang berupa utang seperti obligasi dan surat utang. Investasi ini bisa digunakan untuk tujuan jangka menengah, 1-3 sekitar tahun.

3. Reksa dana campuran

Seperti namanya, reksa dana campuran adalah investasi yang dialokasikan di berbagai instrumen. Manajer investasi bisa menginvestasikan pada efek saham, obligasi, surat utang, deposito, dan sebagainya. Jangka waktu yang sesuai adalah 3-5 tahun.

4. Reksa dana pasar uang

Investasi reksa dana diberikan pada pasar uang Indonesia 100 persen dan jenis ini cocok untuk tujuan jangka pendek, yaitu satu tahun.

5. Reksa dana syariah

Hampir sama dengan investasi reksa dana konvensional, reksa dana syariah dialokasikan pada instrumen-instrumen yang menjalankan prinsip-prinsip syariah. Sehingga, bagi para muslim yang tidak setuju dengan sistem bunga, pilihan ini bisa jadi solusinya.

6. reksa dana berjangka

Adalah produk investasi dengan pembelian harian, mingguan, dan bulanan. Produk ini pun menggunakan konsep berbunga.
 

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id