Karyawan Terjangkit Covid-19, Kantor BRI Malang Ditutup

    Daviq Umar Al Faruq - 08 Juli 2020 15:24 WIB
    Karyawan Terjangkit Covid-19, Kantor BRI Malang Ditutup
    Kantor BRI Malang ditutup sementara. Ilustrasi Foto: dok MI.
    Malang: Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malang menutup kantornya yang berlokasi di Jalan Laksamana Martadinata, Kota Malang, Jawa Timur. Penutupan kantor itu lantaran terdapat karyawan BRI yang berstatus positif virus korona (covid-19).

    Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan ada dua karyawan Kanwil BRI Malang yang terkonfirmasi positif covid-19. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyarankan kantor BRI untuk ditutup sementara.

    "Seharusnya sudah ditutup sementara, tapi pihak Kanwil memastikan pelayanan dipindah di gedung sebelah," katanya, Rabu, 8 Juli 2020.

    Sutiaji menjelaskan awalnya salah satu karyawan BRI berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Selanjutnya, karyawan tersebut kemudian di swab test dan hasilnya keluar, Senin, 6 Juli 2020.

    "Hasil swab-nya keluar, kondisi pasien sudah meninggal dunia," ujarnya.

    Pascakasus tersebut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Malang langsung melakukan swab test terhadap 200 orang karyawan BRI dalam dua tahap. Tahap pertama, sebanyak 80 karyawan yang dilakukan tes dan hasilnya satu karyawan dinyatakan positif.

    "Dari 80 itu, ada satu yang positif, tapi statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG)," imbuhnya.

    Kemudian, dilakukan swab test tahap kedua terhadap 120 karyawan. Namun, hasil masih belum keluar. Oleh karena itu Sutiaji mengimbau kepada siapapun yang memiliki kontak erat dengan pasien konfirm positif covid-19 untuk mengisolasi diri.

    "Saya imbau kalau ada yang kontak erat, segera melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

    Sementara itu, Humas Kanwil BRI Malang Rahman Arif mengatakan pihaknya telah melakukan langkah antisipatif. Salah satunya dengan melakukan koordinasi bersama beberapa rumah sakit rujukan Pemkot Malang untuk segera melakukan perawatan pekerja yang terjangkit covid-19 tersebut.

    "Selain itu, BRI juga sedang melakukan koordinasi dan pemantauan bagi pekerja yang melakukan isolasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan," jelasnya.

    Rahman menyebutkan saat ini BRI telah melakukan tindakan cepat di antaranya melakukan observasi dan tes kepada pekerja BRI yang memiliki gejala atau indikasi tidak sehat.

    "Kami juga tengah melakukan tracing atas aktivitas dan kontak yang dilakukan oleh pekerja terpapar untuk memutus mata rantai dan mencegah penularan di sekitar," ujarnya.

    BRI juga menutup Kantor Wilayah Malang untuk dilakukan sterilisasi guna menekan penyebaran covid-19, serta sebagai upaya memberikan proteksi dan keamanan bagi pekerja dan nasabah BRI.

    "Penutupan tersebut dilakukan dalam batas waktu yang belum ditentukan. Sebagai alternate site, pelayanan dan operasional dipindahkan ke Gedung Baru yang terletak di alamat yang sama," ungkapnya.

    "BRI memastikan pelayanan kepada nasabah dapat terus berjalan dengan normal dengan selalu menerapkan protokol kesehatan pelayanan," imbuhnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id