comscore

447,1 Juta Rekening Nasabah Dijamin LPS

Antara - 12 April 2022 20:35 WIB
447,1 Juta Rekening Nasabah Dijamin LPS
Ilustrasi simpanan nasabah di perbankan - - Foto: dok MI
Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin sebanyak 447,1 juta rekening nasabah di perbankan. Maksimum simpanan yang dijamin sebesar Rp2 miliar per nasabah per bank.

"Cakupan penjaminan LPS mencapai 99,9 persen dari jumlah rekening nasabah penyimpan atau setara 447,1 juta rekening," kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam Silaturahmi LPS, Selasa, 12 April 2022.
Bila merujuk tingkat bunga penjaminan (TBP) LPS, simpanan nasabah di bank yang dijamin LPS sedikit menurun menjadi 97,5 persen. Sisa 2,4 persen dari total nasabah perbankan tidak masuk cakupan penjaminan karena memperoleh suku bunga di atas tingkat bunga penjaminan LPS.

"Sampai dengan saat ini, besaran nilai simpanan yang dijamin LPS sebesar Rp2 miliar per nasabah per bank, atau setara dengan 32,2 kali PDB per kapita nasional pada 2021," katanya.

Adapun saat ini bank peserta program penjaminan LPS berjumlah 107 bank umum dan 1.632 BPR atau BPRS. Untuk mendukung program penjaminan simpanan, LPS meminta kepada seluruh bank untuk mematuhi ketentuan program penjaminan LPS.

"Kepatuhan dimaksud dilakukan dengan menempatkan bukti kepesertaan, maksimum simpanan yang dijamin, dan tingkat bunga penjaminan LPS pada tempat yang mudah diketahui yaitu di seluruh jaringan kantor, media informasi seperti website dan media sosial, serta layanan digital bank seperti aplikasi mobile banking dan internet banking," katanya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id