BI Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh hingga 5,8% di 2021

    Husen Miftahudin - 21 Januari 2021 19:25 WIB
    BI Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh hingga 5,8% di 2021
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) memproyeksi ekonomi RI di 2021 tumbuh di kisaran 4,8 persen sampai 5,8 persen. Di sisi lain, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengendalikan kasus positif covid-19 yang terus mengalami kenaikan.

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat memang membuat tingkat konsumsi melempem. Namun, aktivitas perekonomian masih terus naik yang ditandai dengan tingginya pertumbuhan ekspor dan impor.




    "Ekspor impor meningkat tinggi ke Tiongkok, Amerika Serikat, dan ASEAN. Bahkan kenaikan ekspor Desember 2020 tertinggi sejak 2013 mencapai USD16,5 miliar atau tumbuh 14,6 persen. Ini mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar Perry dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan secara virtual, Kamis, 21 Januari 2021.

    Selain itu, lanjutnya, pemerintah mendorong ekspansi fiskal melalui penyaluran bantuan sosial (bansos). Juga meningkatkan ekspansi belanja modal untuk menggenjot pembangunan infrastruktur oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diharapkan dapat mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi.

    "Secara keseluruhan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 berkisar 4,8 persen sampai 5,8 persen masih kami pegang meskipun kami dari waktu ke waktu masih lakukan asesmen untuk melihat vaksinasi, ekspansi fiskal belanja modal, dan kenaikan investasi," papar dia.

    Terkait hal tersebut, Bank Indonesia mengeluarkan lima langkah kebijakan untuk menopang prospek pemulihan ekonomi domestik. Di antaranya dengan membuka sektor-sektor produktif dan aman secara nasional maupun di masing-masing daerah.

    Lalu mengakselerasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran, melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial, serta percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan khususnya terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

    "Dengan kondisi tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprakirakan akan meningkat pada 2021," pungkas Perry. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id