Pemerintah Bidik Kenaikan Kredit UMKM Jadi di Atas 30%

    Eko Nordiansyah - 05 April 2021 14:39 WIB
    Pemerintah Bidik Kenaikan Kredit UMKM Jadi di Atas 30%
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah mendorong perbankan untuk lebih banyak menyalurkan kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan pada 2024, pemerintah menginginkan penyaluran kredit ke segmen UMKM mencapai lebih dari 30 persen dari total kredit.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini pembiayaan kepada UMKM baru 18 hingga 20 persen dari total kredit. Namun Presiden Joko Widodo menginginkan porsi kredit bagi UMKM ini bisa lebih ditingkatkan kedepannya.






    "Bapak Presiden memberikan arahan bahwa kredit UMKM ini ditargetkan di 2024 adalah lebih dari 30 persen. Jadi dari rata-rata 20 persen diangkat menjadi lebih dari 30 persen," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 5 April 2021.

    Tahun lalu, pemerintah mencatat penyaluran kredit bagi UMKM dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp198,53 triliun. Realisasi penyaluran KUR ini mencapai 104 persen dari target yang terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel, hingga KUR TKI.

    "KUR kredit usaha mikro itu yang di bawah Rp10 juta itu penyalurannya Rp8,49 triliun dan itu sekitar empat persen daripada total yang mendapatkan kredit yaitu sekitar 2,4 juta nasabah," ungkapnya.

    Sementara KUR bagi Ritel dengan plafon antara Rp10 juta hingga Rp50 juta mencatat realisasi paling besar yaitu Rp128 triliun atau 65 persen dari total KUR. Jumlah nasabah pada segmen ini mencapai 3,6 juta nasabah atau yang juga paling besar dibandingkan segmen lain.

    "Kemudian kredit yang besarnya, KUR yang (plafonnya) Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta itu besarnya Rp59 triliun dan nasabahnya sekitar 2,4 juta," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id