Sri Mulyani: Krisis Selalu Jadi Ujian Stabilitas Keuangan

    Eko Nordiansyah - 10 November 2020 15:29 WIB
    Sri Mulyani: Krisis Selalu Jadi Ujian Stabilitas Keuangan
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut krisis selalu menjadi ujian bagi stabilitas sistem keuangan. Apalagi Indonesia bukan baru pertama menghadapi krisis setelah 1998 dan krisis keuangan global 2008.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia memperkuat koordinasi dengan berbagai lembaga seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maupun Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

    "KSKK terus melakukan antisipasi dan belajar dari krisis sebelumnya dan melakukan berbagai upaya bersama dalam krisis ini, terutama dari policy dan cara bekerja," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 10 November 2020.

    Sri Mulyani mengakui masih ada jarak atau gap dari segi aturan yang dimiliki oleh BI, OJK, maupun LPS. Namun hal tersebut bisa diatasi, dengan kesepakatan antara bank sentral dengan OJK dalam penanganan perbankan yang bermasalah di situasi pandemi.

    "Agar dalam menangani perbankan bisa semakin membaik dan erat. Antara OJK dan LPS dalam monitoring bank-bank yang menghadapi persoalan. Kita berharap yang terbaik, berharap meski ada ancaman, sistem keuangan masih normal," jelas dia.

    Ia pun meminta semua pihak untuk tetap waspada dan tidak lengah dalam menghadapi pandemi. Menurutnya kolaborasi antar berbagai kementerian/lembaga ini akan memperkuat penanganan dampak covid-19 di sektor keuangan.

    "Koordinasi yang solid akan terus dilakukan antara BI, OJK, dan LPS. Dalam pemulihan ekonomi, kita menggunakan instrumen yang kita miliki. BI dan Kementerian Keuangan menyetujui skema burden sharing yang sudah dikomunikasikan," pungkasnya.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id