Cek Rentang Gerak Kurs Rupiah Hari Ini

    Husen Miftahudin - 22 Februari 2021 07:22 WIB
    Cek Rentang Gerak Kurs Rupiah Hari Ini
    Foto: AFP/Adek Berry.



    Jakarta: Pergerakan kurs rupiah pada hari ini diprediksi berfluktuasi. Mata uang Garuda ini diperkirakan masih tertekan mengikuti gerak pekan lalu.

    "Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi, namun ditutup melemah di rentang Rp14.050 per USD sampai Rp14.080 per USD," ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, dikutip dalam hasil risetnya, Senin, 22 Februari 2021.




    Pada perdagangan Jumat, 19 Februari 2021, mengutip data Bloomberg kurs rupiah terhadap USD melemah bila dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya, yakni berada di posisi Rp14.065 per USD. Rupiah melemah 40 poin atau setara 0,29 persen.

    Menurut dia, taji dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan akhir pekan semakin runcing meski jumlah pengangguran di AS mengalami kenaikan. Alhasil, nilai tukar rupiah tersungkur.

    "Tolok ukur imbal hasil treasury (obligasi) AS melanjutkan tren kenaikan setelah mencapai puncak hampir satu tahun di awal pekan. Dolar juga naik tipis pada hari Jumat," jelas Ibrahim.

    Adapun jumlah pengangguran di AS menjadi sebanyak 861 ribu orang, naik dari 765 ribu orang dari data Investing.com dan 848 ribu orang dari data pekan sebelumnya. Meskipun demikian, AS membuat kemajuan dengan menggelontorkan paket stimulus sebanyak USD1,9 triliun yang diusulkan Presiden Joe Biden.

    "Stimulus fiskal AS yang besar ditambah dengan peluncuran vaksin yang sukses menjadi penyokong AS mewujudkan pemulihan ekonomi nasional mereka," urai Ibrahim.

    Sementara dari faktor internal, Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal IV-2020 mengalami defisit sebesar USD200 juta. Hal tersebut ditopang oleh surplus transaksi berjalan yang berlanjut di tengah transaksi modal dan finansial yang defisit rendah.

    "Namun bank sentral menegaskan bahwa NPI tetap baik sehingga mampu menopang ketahanan eksternal, sehingga tetap terjaga di tengah tekanan pandemi covid-19," ungkapnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id