comscore

BEI Optimistis Unicorn Masih Mampu Kerek Kapitalisasi Pasar

Annisa ayu artanti - 20 Januari 2022 10:30 WIB
BEI Optimistis <i>Unicorn</i> Masih Mampu Kerek Kapitalisasi Pasar
Ilustrasi BEI. Foto : Medcom/Desi A.
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) masih optimistis masuknya perusahaan unicorn dan centaur ke bursa dapat mengerek kapitalisasi pasar meskipun PT Bukalapak.com, perusahaan yang diharapkan mampu mendongkrak kapitalisasi justru meleset dari harapan.

"Kami tetap optimistis adanya kontribusi positif yang dapat diberikan terhadap peningkatan kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia apabila perusahaan-perusahaan unicorn dan centaur tercatat nantinya," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, Kamis, 20 Januari 2022.

 



Ia menjelaskan BEI melihat perkembangan valuasi dari perusahaan-perusahaan teknologi dengan tingkat unicorn maupun centaur cukup baik.

Selain itu, ia juga menyebutkan, peningkatan kapitalisasi pasar tidak hanya dari perusahaan-perusahaan unicorn dan centaur, melainkan dari perusahaan lainnya.

"Harapan kami peningkatan  kapitalisasi pasar juga dapat berasal dari perusahaan-perusahaan lain dari berbagai karakteristik dan sektor usaha," ungkapnya.

Di sisi lain, optimisme meningkatkan kapitalisasi pasar juga tidak lepas dari faktor perkembangan kondisi new normal yang semakin kondusif dan pemulihan ekonomi nasional yang juga diharapkan dapat menjadi driver untuk mendorong korporasi melakukan ekspansi bisnisnya melalui pendanaan dari pasar modal.

Dalam mengakomodasi perusahaan unicorn atau centaur dan berbagai karakteristik perusahaan Indonesia yang semakin berkembang untuk tumbuh bersama Pasar Modal Indonesia, OJK bersama dengan SRO (BEI, KPEI dan KSEI) juga bersikap adaptif terhadap perkembangan bisnis dan industri perusahaan-perusahaan di Tanah Air.

"BEI selalu berkomitmen mendukung seluruh perusahaan-perusahaan potensial di Indonesia untuk tumbuh bersama dan optimistis 2022 akan lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Sebelumnya, BEI cukup percaya diri keberadaan Bukalapak sebagai perusahaan unicorn pertama yang masuk bursa dapat mengerek kapitalisasi pasar Rp77,3 hingga Rp87,3 triliun.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id