comscore

Ekspektasi Konsumen soal Ketersediaan Lapangan Kerja dan Penghasilan Menanjak

Husen Miftahudin - 09 Juni 2022 18:48 WIB
Ekspektasi Konsumen soal Ketersediaan Lapangan Kerja dan Penghasilan Menanjak
Ilustrasi lapangan pekerjaan. Foto: Medcom.id
Jakarta: Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) periode Mei 2022 menyampaikan ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan meningkat dari bulan sebelumnya. Tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Mei 2022 sebesar 141,5 lebih tinggi dari 127,2 pada April 2022.

"Peningkatan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang terutama oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi usaha ke depan, meningkat dari 125,0 menjadi 142,9 pada Mei 2022," ungkap hasil Survei Konsumen Bank Indonesia, Kamis, 9 Juni 2022.
Sejalan dengan peningkatan tersebut, ekspektasi responden terhadap ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi penghasilan juga meningkat, dimana masing-masing tercatat pada level 142,1 dan 139,4 dari 125,2 dan 131,5.

Secara spasial, peningkatan IEK Mei 2022 terjadi di 17 kota cakupan survei dengan kenaikan tertinggi di kota Pangkal Pinang (34,4 poin), diikuti Bandung (26,1 poin) dan Mataram (22,4 poin).

Pada Mei 2022, konsumen memprakirakan perkembangan kegiatan usaha ke depan akan meningkat, tercermin dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha yang meningkat 17,9 poin dari bulan sebelumnya.

"Peningkatan indeks terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp3,1 juta hingga Rp4 juta per bulan. Dari sisi usia, indeks juga tercatat meningkat pada seluruh kelompok usia responden," urai BI.

Ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang juga terpantau membaik, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja Mei 2022 pada level 142,1, meningkat dari 125,2 pada bulan sebelumnya.

Ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja terpantau meningkat pada seluruh kategori pendidikan responden dan juga pada seluruh kategori usia responden.

Seiring dengan meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja, responden memprakirakan penghasilan pada enam bulan yang akan datang juga mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Penghasilan Mei 2022 sebesar 139,4, lebih tinggi dari 131,5 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok responden, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp3,1 juta sampai Rp4 juta per bulan. Ditinjau berdasarkan usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan juga meningkat pada seluruh kelompok usia responden," tutup BI.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id