comscore

Jadi Unicorn Baru, Kopi Kenangan Disuntik Rp1,3 Triliun

Insi Nantika Jelita - 28 Desember 2021 12:33 WIB
Jadi <i>Unicorn</i> Baru, Kopi Kenangan Disuntik Rp1,3 Triliun
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Kopi Kenangan, perusahaan makanan dan minuman (F&B) dengan konsep new retail mengumumkan pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Melalui suntikan dana ini, valuasi perusahaan menembus USD1 miliar dan mengaku sebagai perusahaan new retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru, yaitu Falcon Edge Capital.
"Dukungan dari para investor, memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangan resminya, dilansir Mediaindonesia.com, Selasa, 28 Desember 2021.

Kopi Kenangan memiliki beberapa portofolio baru, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba pada menu minuman.

Perusahaan itu mengklaim berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Ekspansi bisnis

Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi Cerita Roti, Chigo, serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia dan akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.

"Terkait rencana lima tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portofolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," jelas Edward.

Dalam kurun waktu empat tahun sejak 2017, Kopi Kenangan bertumbuh menjadi Kenangan Brands dan mempekerjakan lebih dari 3.000 staf di lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir dengan target 5,5 juta cangkir per bulan.

Managing Director Tybourne Capital Management Bosun Hau mengatakan, sebagai investor menantikan potensi Kopi Kenangan untuk menjangkau pasar F&B yang berkembang di Asia Tenggara.

"Kemampuan Kopi Kenangan dalam pemanfaatan teknologi bisa menjaga dan menjangkau pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi dan penjualan merupakan hal-hal yang dapat menopang masa depan unicorn baru asal Indonesia ini," tutupnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id