comscore

Diserbu Investor, Obligasi Hijau BRI Kelebihan Permintaan hingga 4,4 Kali

Antara - 07 Juli 2022 18:01 WIB
Diserbu Investor, Obligasi Hijau BRI Kelebihan Permintaan hingga 4,4 Kali
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Obligasi hijau atau green bond milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau BRI Tahap I Tahun 2022 diminati investor hingga mendapatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 4,4 kali.

"Sampai dengan hari penutupan penawaran, green bond BRI tercatat oversubscribed sampai 4,4 kali. Ini menunjukkan antusiasme para investor untuk membeli instrumen-instrumen yang didasarkan pada aspirasi kita untuk merealisasikan green economy," kata Direktur Utama BRI Sunarso, dilansir dari Antara, Kamis, 7 Juli 2022.
Melalui prospektus perseroan yang diterbitkan pada Rabu, 22 Juni, BRI menargetkan dana yang dihimpun dari obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan ini akan mencapai Rp15 triliun dan dilakukan bertahap selama tiga tahun sampai 2024.

Adapun saat ini perseroan menerbitkan dan menawarkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI Tahap I Tahun 2022 dengan pokok obligasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp5 triliun. Ke depan, BRI akan terus memperkuat implementasi prinsip ESG dari sisi pendanaan atau liabilitas.

Green bond BRI Tahap I ini dibagi menjadi tiga seri dengan tenor dan kupon yang beragam, yaitu Seri A tenor satu tahun dengan range kupon penawaran 3,70 persen sampai 4,50 persen, Seri B tenor tiga tahun dengan range kupon penawaran 5,75 persen sampai 6,50 persen, dan Seri C tenor lima tahun dengan range kupon penawaran 6,45 persen sampai 7,25 persen.

Adapun kupon final Seri A tenor satu tahun menjadi 3,70 persen, Seri B tenor tiga tahun 5,75 persen, dan Seri C tenor lima tahun sebesar 6,45 persen. Sementara itu, dengan kelebihan permintaan hingga 4,4 kali, BRI mencatat jumlah permintaan dari investor domestik mencapai Rp21,84 triliun, sedangkan investor luar negeri Rp1,12 triliun.

Sekitar 70 persen dari dana yang diperoleh melalui penerbitan green bond BRI tersebut akan digunakan untuk pembiayaan baru, pembiayaan sedang berjalan, atau telah selesai, yang ditujukan kepada kegiatan usaha dan atau kegiatan lain yang termasuk dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL).


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id