Sentimen Global Bawa Optimisme Meski Rupiah Melemah

    Husen Miftahudin - 01 Juli 2020 17:27 WIB
    Sentimen Global Bawa Optimisme Meski Rupiah Melemah
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pengesahan Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong akan membawa sentimen positif bagi pasar keuangan domestik. Aliran modal asing yang ada di Hong Kong diyakini bakal lari ke Indonesia.

    "Kemungkinan aliran modal asing yang terparkir di Hong Kong akan kembali mengalir ke pasar dalam negeri," ujar Ibrahim dalam keterangannya kepada Medcom.id, Rabu, 1 Juli 2020.

    Untuk merealisasikan hal tersebut, Ibrahim meminta pemerintah segera melakukan evaluasi kebijakan. "Termasuk menyiapkan regulasi yang bisa memudahkan pengusaha-pengusaha tersebut untuk memindahkan asetnya," harap dia.

    Secara bersamaan, Bank Indonesia (BI) terus berupaya untuk menstabilisasi mata uang Garuda dengan melakukan intervensi di pasar valuta asing (valas), obligasi, dan Surat Utang Negara (SUN) di pasar domestic non deliverable forward (DNDF).

    "Alhasil pasar kembali stabil, walaupun dalam penutupan sore ini rupiah masih ditutup melemah tipis," tutur Ibrahim.

    Dalam perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah ditutup melemah tipis. Mengutip data Bloomberg, nilai tukar rupiah melemah ke posisi Rp14.282 per USD dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya di level Rp14.265 per USD.

    Mata uang Garuda tersebut melemah tipis 17 poin atau setara 0,12 persen. Sedangkan rentang gerak harian rupiah berada di level Rp14.245 per USD sampai Rp14.338 per USD.

    Sedangkan menukil data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di level Rp14.365 per USD. Sementara menilik data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di level Rp14.341 per USD atau melemah 39 poin dari nilai tukar rupiah pada perdagangan hari sebelumnya sebesar Rp14.302 per USD.

    "Dalam perdagangan besok rupiah kemungkinan akan menguat terbatas di level Rp14.250 per USD hingga Rp14.300 per USD," pungkas Ibrahim.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id