Potensi Koreksi Masih Terus Bayangi Gerak IHSG di Awal Pekan

    Annisa ayu artanti - 22 Februari 2021 08:47 WIB
    Potensi Koreksi Masih Terus Bayangi Gerak IHSG di Awal Pekan
    Foto: dok MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di awal pekan ini masih akan mempertahankan penguatannya, meskipun potensi koreksi cukup besar.

    Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan secara teknikal IHSG terkonsolidasi dengan bertahan di atas rata-rata 20 hari pada kisaran level 6.157.

    Menurutnya, hal tersebut memberikan kondisi yang masih cukup kuat pada trennya, meskipun potensi terkoreksi cukup wajar masih membayangi.

    "IHSG diperkirakan masih akan bergerak cukup berat mencoba menguat pada perdagangan di awal pekan dengan support resistance 6.157-6.282," kata Lanjar dalam riset hariannya, Senin, 22 Februari 2021.

    Lanjar menjelaskan optimisme investor kembali terbentuk pascadirevisinya perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada pekan lalu.

    Untuk selanjutnya yang memengaruhi pergerakan IHSG adalah sikap investor. Investor akan menanti kajian relaksasi pajak guna mendukung pemulihan ekonomi nasional setelah pemerintah menaikan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi sekitar Rp688,3 triliun.

    Sedangkan dari faktor eksternal, kenaikan yield obligasi akan masih akan menjadi alasan investor untuk melakukan switching dari ekuitas yang telah naik signifikan sejak akhir 2020 ke aset berisiko lebih rendah.

    Sebelumnya saham Amerika Serikat ditutup sebagian besar lebih rendah karena patokan imbal hasil treasury naik ke level tertinggi dalam setahun. Hal itu memperbarui kekhawatiran bahwa kenaikan biaya pinjaman dan tekanan harga dapat menggagalkan pemulihan ekonomi.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id