Sesuai Prediksi, IHSG Loyo di Pembukaan Perdagangan

    Ade Hapsari Lestarini - 04 Juni 2021 09:10 WIB
    Sesuai Prediksi, IHSG Loyo di Pembukaan Perdagangan
    Ilustrasi lantai bursa di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: dok MI/Adam Dwi.



    Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan pagi ini melemah. Pelemahan IHSG kali ini karena minimnya sentimen positif.

    Mengutip laman RTI, Jumat, 4 Juni 2021, gerak IHSG dibuka melemah 12,82 poin atau setara 0,21 persen ke posisi 6.078 pada pukul 09.02 WIB.

     



    Saat bel pembukaan perdagangan, IHSG bertengger di posisi 6.091. Gerak indeks sempat menyentuh level tertinggi di posisi 6.091 dan level terendah di 6.077.

    Sementara itu volume perdagangan saham tercatat sebanyak 481,3 juta lembar senilai Rp321,4 miliar. Sebanyak 145 saham menguat, 110 saham melemah, 214 saham stagnan, dan terjadi 34.363 kali transaksi.

    Pelemahan IHSG ini sudah diprediksi sebelumnya. Pergerakan IHSG pada hari ini akan terkoreksi. Aksi ambil untung alias profit taking akan menjadi pemicunya.

    "Secara sentimen pergerakan IHSG hari ini berpotensi terkoreksi karena aksi profit taking," ungkap Technical Analyst & Head of Research Lanjar Nafi, dikutip dalam riset hariannya, Jumat, 4 Juni 2021.

    Sementara itu, indeks Nikkei melemah 0,83 persen dan indeks Topix turun 0,46 persen dibuka ke zona negatif pagi ini, sejalan dengan pelemahan bursa AS akibat data ekonomi AS yang kuat kembali memicu kekhawatiran akan mundurnya stimulus bank sentral.

    "Data pekerjaan AS yang kuat dan rekor pertumbuhan sektor jasa menggarisbawahi pemulihan dari pandemi," tambah dia.

    Indeks manajer pembelian (PMI) non-manufaktur AS naik di atas ekspektasi ke level 64,0 dan perubahan tenaga kerja non-pertanian ADP AS Mei juga naik sebanyak 978 ribu, jauh di atas estimasi konsensus.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id