4 Keunggulan dan Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemula

    Annisa ayu artanti - 04 Oktober 2020 15:25 WIB
    4 Keunggulan dan Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemula
    Investasi Bitcoin semakin diminati oleh para investor. Foto: AFP
    Jakarta: Investasi Bitcoin diklaim semakin diminati oleh para investor. Bahkan, CEO PT Pintu Kemana Saja Jeth Soetoyo menyebutkan pertumbuhan investor cryptocurrency ini melebihi pertumbuhan investor di pasar modal.

    "Perkembangan ini sangat pesat apabila kita bandingkan dengan investor di bursa saham IDX yang baru memiliki 1,3 juta pengguna pada Juni 2020," katanya kepada Medcom.id, Minggu, 4 Oktober 2020.

    Lalu, apa yang menjadi keunggulan investasi bitcoin dibanding aset lainnya?

    1. Jumlah Pasokan Terbatas

    Bitcoin sering sekali disamakan dengan emas, yang mana keduanya sama-sama memiliki pasokan yang terbatas. Pasokan Bitcoin tidak dapat dimanipulasi, pasokan Bitcoin hanya ada 21 juta unit.

    2. Aset Anti Inflasi

    Potensi kenaikan harganya di masa depan membuat Bitcoin sebagai aset investasi yang menarik untuk disimpan oleh investor. Bitcoin dapat berguna untuk melindungi nilai aset yang dimiliki oleh seseorang, dibandingkan disimpan dalam dalam bentuk uang tunai yang mudah tergerus nilainya akibat inflasi. Bitcoin memiliki karakteristik yang berpotensi sebagai aset anti-inflasi yang nilainya dapat meningkat seiring waktu.

    3. Aman (Tidak Mudah Diretas)

    Bitcoin diterbitkan melalui proses mining, para miners menggunakan komputer canggih untuk menyelesaikan persoalan matematika kompleks. Metode ini dinamakan Proof of Works dan merupakan mekanisme keamanan dari bitcoin network. Untuk menjaga keamanannya, bitcoin dilindungi sandi kriptografi yang rumit.

    4.Fee Transaksi yang Rendah

    Transaksi menggunakan crypto tidak memiliki middleman, imbasnya transaksi crypto jauh lebih cepat dan fee-nya pun jauh lebih murah. Tidak ada batasan terhadap jumlah yang ditransaksikan.

    Untuk pemula, Jeth menyarankan untuk memilih bursa yang telah terdaftar di Bappebti. Sebab, keamanan dalam berinvestasi menjadi salah satu hal yang kerap membuat khawatir ketika berinvestasi.

    "Bila kamu memilih membeli Bitcoin di cryptocurrency exchange yang legal, bukan hanya aman saja melainkan biaya-biaya transaksi yang dibebankan kepada investor juga transparan sehingga tidak ada biaya-biaya tersembunyi yang tidak diketahui oleh investor," tuturnya.

    Kemudian, ia melanjutkan, mulailah dengan jumlah uang yang kecil. Bitcoin bersifat volatile, sehingga ada baiknya untuk pahami resikonya dan memulai dengan uang secukupnya.

    "Di aplikasi Pintu, pengguna bisa mulai investasi dari Rp55 ribu per transaksi," tutupnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id