Bangkitkan UMKM, BCA Salurkan Rp77 Triliun ke 135 Ribu Debitur

    Husen Miftahudin - 11 Januari 2021 19:21 WIB
    Bangkitkan UMKM, BCA Salurkan Rp77 Triliun ke 135 Ribu Debitur
    Ilustrasi. Foto: Dok. BCA
    Jakarta: PT Bank Central Asia (BCA) Tbk terus mendukung upaya pemerintah dalam rangka mengembangkan dan membangkitkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna mendorong pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya dengan ikut berkontribusi pada pelaksanaan program pemerintah bertajuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.

    Adapun hingga November 2020, BCA mencatat total outstanding penyaluran kredit UMKM sebesar Rp77 triliun kepada 135 ribu debitur. Secara rata-rata selama tiga tahun terakhir, kredit yang disalurkan BCA kepada UMKM sebesar 15 persen. Angka itu di atas rata-rata pertumbuhan kredit UMKM perbankan yang hanya sembilan persen.

    "BCA sangat mendukung program pemerintah dalam rangka membangkitkan UMKM. Ini terbukti dari market share BCA untuk UMKM ini di September 2020 kita sudah mencapai 7,5 persen, dengan UMKM sendiri itu menduduki posisi di 13,6 persen dari total kredit yang telah kita salurkan," ungkap EVP Bisnis Komersial & SME BCA Freddy Iman dalam diskusi BCA Mendukung Gernas BBI 2021 yang digelar secara virtual, Senin, 11 Januari 2021.

    Lebih lanjut, Freddy menjelaskan bahwa BCA melakukan pendampingan UMKM dengan cara membantu mengkurasi produk-produk sehingga dapat diangkat melalui program promosi dan komunikasi. Langkah ini untuk bisa meningkatkan awareness dan penjualan.

    Kemudian membantu proses persiapan UMKM untuk onboarding dalam e-commerce maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM. Selanjutnya, membantu proses pengembangan bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Electronic Data Capture (EDC).

    "Jadi BCA berkomitmen untuk tetap mendukung program UMKM di mana kita ada program Bangga Lokal yang bekerja sama secara online dengan Blibli. Jadi di Bangga Lokal ini kita ingin para UMKM yang selama ini memasarkan produknya hanya secara offline, dengan ini bisa menjadi online. Jadi dengan Bangga Lokal ini kita berharap teman-teman UMKM kita makin bertumbuh menjadi besar," papar dia.

    Program Bangga Lokal milik BCA ini sejalan dan berkesinambungan dengan Gernas BBI. Program ini telah menghimpun ratusan merchant yang terdiri dari merchant kesehatan dan kecantikan, fesyen, makanan dan minuman, serta hobi dan aktivitas.

    "Secara tahunan dari 2015 hingga 2019, pertumbuhan UMKM kita juga cukup lumayan di angka 15 persen. Selain itu kita juga ada menambah sentra UMKM kita di beberapa wilayah. Kita sekarang sudah punya sembilan sentra UMKM untuk mempercepat proses kredit kita," pungkas Freddy.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id