Maybank Indonesia Dorong Pemberdayaan Perempuan Prasejahtera

    Angga Bratadharma - 05 April 2021 08:01 WIB
    Maybank Indonesia Dorong Pemberdayaan Perempuan Prasejahtera
    Ilustrasi. FOTO: AFP/MOHD RASFAN



    Jakarta: PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation, yayasan yang menangani tanggung jawab perusahaan atau corporate responsibility (CR) Maybank Group, melanjutkan program pemberdayaan masyarakat bagi para perempuan prasejahtera melalui program Maybank Women Eco-Weavers (MWEW).

    Program Maybank Women Eco-Weavers merupakan bagian dari upaya Maybank Group yang bertujuan untuk mempromosikan kain tradisional ke tingkat global secara berkelanjutan dan untuk menciptakan kemandirian ekonomi bagi penenun perempuan di seluruh kawasan ASEAN. Program ini pun mendukung terwujudnya 'ASEAN Center of Excellence'.

     



    Sebelumnya pada 2016 hingga 2019, Maybank Foundation telah menjalankan program Maybank Women Eco-Weavers yang berfokus pada pengembangan tenun pewarna alami di empat lokasi, yakni Sawah lunto & Tanah Datar, Sumatra Barat dan Lombok Tengah & Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

    Selain di keempat lokasi tersebut, program Maybank Women Eco-Weavers juga dilaksanakan di Malaysia, Kamboja serta Laos. "Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu pilar tanggung jawab perusahaan," kata CEO Maybank Foundation, Shahril Azuar Jimin, dilansir dari keterangan tertulisnya, Senin, 5 April 2021.

    Maybank Group, lanjutnya, turut mendukung upaya para perempuan untuk mandiri secara ekonomi dengan cara melestarikan tenun yang ada sejak turun temurun sehingga dapat bermanfaat bagi para penenun yang  selaras dengan misi humanising financial services. Program ini juga selaras dengan misi ASEAN dan lima sasaran United Nations Sustainable Development Goals.

    "Yaitu mewujudkan kehidupan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak dan untuk mengurangi kesenjangan," tuturnya.

    Pembina Yayasan Maybank Indonesia dan Board of Trustees Member, Maybank Foundation Ita Budhi mengatakan meskipun masih dalam kondisi pandemi, Maybank Indonesia tetap melanjutkan komitmen untuk memberikan perhatian kepada para penenun perempuan.

    "Yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan dalam menenun, pengetahuan akan tren desain dan sebagainya. Harapan kami agar para perempuan dapat mewujudkan kemandirian secara finansial sehingga mampu memberi dampak positif bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id