Begini Cara Alumni Prakerja Raih KUR dari BNI

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 17:44 WIB
    Begini Cara Alumni Prakerja Raih KUR dari BNI
    BNI. Foto : MI.



    Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengaku siap untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para alumni kartu prakerja yang ingin berwirausaha. Bahkan pengajuan KUR ini bisa dilakukan secara digital tanpa pengajuan ke bank.

    Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan pihaknya telah mendapatkan data alumni program kartu prakerja yang berwirausaha dari Kementerian Koordinator Perekonomian. Dari data tersebut dilakukan cleansing.






    "Yang lolos SLIK bahkan sudah dilakukan notifikasi SMS, jadi SMS sudah kita blast kita kirim tinggal pilihannya dalam SMS itu mau mengajukan KUR tinggal klik saja," kata dia dalam webinar 'Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR', Kamis, 8 April 2021.

    Setelah itu, para alumni prakerja ini tinggal mengisi e-form KUR digital yang sudah disediakan oleh BNI. Apabila seluruh datanya sudah dilengkapi maka tinggal menunggu pemrosesan KUR, dan bila disetujui maka akan menerima notifikasi pencairan.

    "Berikutnya proses KUR tinggal sudah approval, pencairan. Kami juga bertanggung jawab bagaimana yang melakukan wirausaha untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan. Jadi sangat simpel sekali prosesnya dari BNI," jelas dia.

    Ia menambahkan, syarat bisnis yang sudah berlangsung selama enam bulan bagi pengajuan KUR mikro biasanya tidak berlaku bagi alumni kartu prakerja. Mereka tetap bisa mengajukan KUR super mikro dengan maksimal pinjaman Rp10 juta.

    "Kalau KUR mikro itu harus pengalaman enam bulan. Kalau KUR super mikro jadi asalkan sudah mengikuti pelatihan prakerja maka dia bisa mendapatkan KUR super mikro tanpa usahanya enam bulan," ungkapnya.

    "Nantinya katakanlah usahanya meningkat, bisa naik kelas. Tadinya Rp10 juta ya ini tergantung dengan jenis usahanya dan omzetnya. Jadi alumni mungkin marilah berpacu meningkatkan omzet. Kalau sudah lulus KUR mikro bisa ke KUR kecil sampai Rp500 juta, bisa terus meningkat ke KUR komersil," lanjut dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id