Menilik Potensi Blockchain di Tengah Pandemi

    Husen Miftahudin - 09 Juni 2020 16:38 WIB
    Menilik Potensi <i>Blockchain</i> di Tengah Pandemi
    Ilustrasi. Foto: AFP
    Jakarta: Blackarrow Conferences akan kembali menggelar konferensi internasional Blockjakarta. Mengambil tema Blockjakarta Indonesia's Capability Conference, para pembicara akan membahas blockchain yang saat ini sedang berkembang, termasuk potensi blockchain di Indonesia dan pandemi virus korona (covid-19).

    BlockJakarta 2020 akan digelar Kamis, 11 Juni 2020 dengan menghadirkan sejumlah tokoh blockchain seluruh dunia. Acara tersebut akan digelar secara virtual dan akan diikuti oleh 750 peserta.

    CEO Blackarrow Conferences Sarfraz Patel mengakui wabah covid-19 menghadirkan tantangan bagi industri blockchain dalam jangka pendek. Namun, pandemi tersebut juga membuka peluang baru di jangka menengah dan jangka panjang.

    "Blockchain dapat memainkan peran penting dalam mempercepat inisiatif transformasi digital pascakrisis dan menyelesaikan masalah-masalah yang disorot dalam sistem saat ini," ujar Sarfraz dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 9 Juni 2020.

    Sarfraz menjelaskan konferensi digital BlockJakarta ini akan mengulas perkembangan blockchain saat ini, ditambah ekonomi blockchain dalam pandemi yang sedang berlangsung. Ini penting mengingat investasi blockchain berguna dalam manajemen rantai pasokan, pelacakan kontak, manajemen bencana, hingga asuransi.

    Salah seorang pembicara sekaligus CEO Indodax Oscar Darmawan mengungkapkan BlockJakarta 2020 merupakan konferensi virtual pertama yang membahas tuntas tentang blockchain. Sebagai pemateri, Oscar akan menjelaskan tentang pengembangan blockchain yang kini menjadi sorotan investor.

    Maklum hingga pertengahan tahun ini harga bitcoin terus mengalami peningkatan bahkan melonjak drastis hingga lebih dari dua kali lipat. Pada Maret 2020 harga bitcoin Rp65 juta, sementara hingga Senin malam, 8 Juni 2020 harga bitcoin sudah mencapai Rp135 juta.

    "Bitcoin sudah terbukti sebagai aset safe haven. Saat pandemi korona di awal tahun hingga pertengahan tahun ini, harganya justru meningkat. Di sisi lain, produk investasi lain tidak tahan terpapar covid-19," ulasnya.

    Dalam acara BlockJakarta 2020, Oscar Darmawan akan menyampaikan tentang bitcoin sebagai aset safe haven secara lengkap. Selain itu, dia juga akan membahas bagaimana prediksi harga bitcoin ke depannya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id