BI Klaim Rupiah Kian Perkasa

    Eko Nordiansyah - 19 Mei 2020 15:44 WIB
    BI Klaim Rupiah Kian Perkasa
    Ilustrasi rupiah menguat - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengklaim nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin perkasa. Hal ini seiring meredanya ketidakpastian pasar keuangan global dan terjaganya kepercayaan terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

    Setelah menguat pada April 2020, rupiah bulan ini kembali mengalami apresiasi. Hingga 18 Mei 2020, rupiah menguat 5,1 persen secara rerata dan 0,17 persen secara point to point dibandingkan dengan level akhir April 2020.

    "Namun demikian, rupiah masih mencatat depresiasi sekitar 6,52 persen dibandingkan dengan level akhir 2019 akibat depresiasi yang dalam pada Maret 2020," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam siaran virtual di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

    Perry menambahkan penguatan rupiah juga didorong oleh aliran masuk modal asing dan besarnya pasokan valas dari pelaku domestik. BI memandang level nilai tukar rupiah dewasa ini secara fundamental tercatat undervalued sehingga berpotensi terus menguat dan mendukung pemulihan ekonomi.

    "Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar, Bank Indonesia terus mengoptimalkan operasi moneter guna memastikan bekerjanya mekanisme pasar dan ketersediaan likuiditas baik di pasar uang maupun pasar valas," jelas dia.

    Pada perdagangan Selasa pagi rupiah terpantau menguat dibandingkan dengan hari sebelumnya di posisi Rp14.850 per USD. Mata uang Garuda sukses menggilas mata uang Paman Sam di tengah upaya negara-negara besar melonggarkan penguncian wilayah meski masih ada pandemi covid-19.

    Mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka menguat ke Rp14.805 per USD. Pagi ini nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp14.805 per USD. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.611 per USD.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id