comscore

Kuartal III-2021, Laba PGN Tembus Rp4 Triliun

Nia Deviyana - 17 November 2021 17:54 WIB
Kuartal III-2021, Laba PGN Tembus Rp4 Triliun
Ilustrasi PGN - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mencatatkan kinerja positif pada kuartal III-2021. Subholding Gas Pertamina ini mencetak pertumbuhan laba bersih sebesar USD286 juta atau setara Rp4,07 triliun (kurs Rp14.243 per USD).
 
Laba tersebut naik 437 persen dibandingkan periode sama tahun lalu atau year on year (yoy). Kinerja ini  diperoleh dari pendapatan sebesar USD2,25 miliar atau Rp32,04 triliun, serta Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation (EBITDA) di periode yang sama mencapai USD618 juta atau Rp8,8 triliun.
 
Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengungkapkan, kinerja perseroan mengalami pertumbuhan positif dalam lima tahun terakhir. 
 
"Perseroan mampu meningkatkan pangsa pasar menjadi 92 persen dan melalui penambahan jumlah pelanggan di berbagai sektor, kami telah melayani lebih dari 600 pelanggan baik itu industri maupun rumah tangga dengan cakupan pipa gas bumi 10.670 kilometer (km) panjangannya," ujarnya dalam Public Expose, Rabu, 17 November 2021.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PGN Fadjar Harianto Widodo memaparkan laba konsolidasi secara year to date (ytd) sampai dengan September 2021 tercatat sebesar USD2,25 miliar atau naik lima persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Pada kuartal III-2021 PGN juga berhasil menjaga realisasi beban usaha di bawah target sehingga mampu meningkatkan laba usaha menjadi USD326 juta. Selain itu, adanya reversal dari sengketa pajak di mana Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan  Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan terkait PPN penjualan gas bumi ke konsumen ditolak di level Mahkamah Agung (MA), turut berdampak pada realisasi laba bersih.
 
Terkait posisi keuangan perseroan per 30 September 2021, lanjut Fadjar, masih terjaga dalam kondisi yang stabil. 
 
"Kinerja laba yang positif meningkatkan posisi ekuitas di mana perusahaan melakukan pembayaran liabilitas yang sudah jatuh tempo sehingga menurunkan tingkat utang perusahaan," pungkasnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id