OJK Sempurnakan Aturan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Efek

    Husen Miftahudin - 29 September 2021 17:02 WIB
    OJK Sempurnakan Aturan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Efek
    Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyempurnakan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Efek dengan menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 20/POJK.04/2021.

    Beleid ini menyempurnakan aturan sebelumnya, POJK Nomor 1/POJK.04/2020, dengan menyesuaikan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) terkini.

     



    Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan peraturan mengenai penyusunan laporan ini dikeluarkan mengingat perusahaan efek memiliki peran yang penting dalam mekanisme transaksi di pasar modal.

    "Peran tersebut terefleksi dari jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh Perusahaan Efek, yaitu sebagai penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, dan/atau manajer investasi," ucap Anto dalam siaran persnya, Rabu, 29 September 2021.

    Menurut Anto, peran tersebut harus diikuti dengan pertanggungjawaban dan akuntabilitas. Salah satu wujud akuntabilitas pengelolaan dan keterbukaan informasi bagi pemangku kepentingan adalah kewajiban bagi Perusahaan Efek dalam menyusun dan menyampaikan laporan keuangan.

    Dalam ketentuan tersebut diatur mengenai ruang lingkup penyusunan laporan keuangan; kewajiban Perusahaan Efek untuk mengkonsolidasikan laporan keuangan atas entitas lain; serta pihak yang bertanggung jawab atas penyusunan laporan keuangan.

    POJK ini berlaku untuk penyusunan laporan keuangan Perusahaan Efek di periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2022. Perusahaan Efek dapat melakukan penerapan lebih dini atas ketentuan POJK ini.

    "Apabila Perusahaan Efek melakukan penerapan lebih dini, maka wajib mengungkapkan penerapan lebih dini tersebut dalam catatan atas laporan keuangan," tutup Anto.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id