Bank Digital Genjot Fitur Buka Rekening Tanpa ke Cabang

    Arif Wicaksono - 21 Juli 2021 17:59 WIB
    Bank Digital Genjot Fitur Buka Rekening Tanpa ke Cabang
    Transaksi Digital. Foto : Medcom.id.



    Jakarta: Bank digital genjot fitur membuka rekening tanpa ke cabang. Hal ini menjadi strategi untuk meraih konsumen tanpa melakukan kontak secara fisik atau contactless payment. Perbankan juga tak perlu membuka cabang dengan adanya kemudahan teknologi ini.

    MotionBanking, misalnya, melakukan strategi ini untuk menggenjot nasabah. Fitur ini membuat nasabah tidak perlu lagi repot ke kantor cabang untuk membuka rekening.

     



    Chief Operating Officer (COO) MotionBanking Teddy Setiawan Tee mengatakan membuka rekening di aplikasi MotionBanking hanya memakan waktu lima menit.

    "Aplikasi ini menawarkan kecepatan, kemudahan, keamanan dan kenyamanan layanan keuangan bagi masyarakat. Dari sisi kecepatan calon nasabah hanya perlu meluangkan waktu lima menit untuk menyelesaikan pendaftaran,” tutur Teddy Setiawan Tee, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Juli 2021.
     
    Dari sisi keamanan aplikasi MotionBanking menerapkan fitur Optical Character Recognition (OCR) dan liveness gesture untuk memverifikasi data calon nasabah. OCR untuk memverifikasi data Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon nasabah sedangkan liveness gesture digunakan untuk memverifikasi visual karakter calon nasabah.

    "Sejak Mei 2021 hingga 16 Juli 2021 lebih dari 5.000 nasabah yang on boarding melalui aplikasi MotionBanking. Namun secara total ada lebih dari 72 ribu pengguna MotionBanking hingga 16 Juli 2021," jelas Teddy.

    Selain untuk pendaftaran, lewat aplikasi MotionBanking nasabah bisa memantau transaksi secara seketika, baik untuk simpanan maupun kartu kredit.

    Bank digital BCA yakni blu juga menggenjot fitur ini. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengatakan aplikasi blu menyediakan berbagai fitur seperti pembukaan rekening bluAccount secara online dan bisa melakukan budgeting dengan 10 rekening tabungan bluSaving.

    Menurutnya fitur ini akan memudahkan nasabah untuk memisahkan pendapatan mereka sesuai dengan pos-pos kebutuhan masing-masing.
     
    Ia juga mengatakan semua jenis pembayaran, mulai dari pembayaran tagihan, top-up e-wallet, hingga pembelian paket data, bisa dilakukan dalam aplikasi blu. Nasabah blu juga dapat melakukan transfer ke bank lain tanpa biaya.
     
    Nasabah blu juga bisa melakukan tarik/setor tunai gratis di semua ATM BCA di Indonesia. Melalui berbagai fitur ini, BCA Digital menargetkan untuk bisa menjaring ratusan ribu nasabah baru blu sepanjang 2021.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id