Legal Merger Bank Syariah Nasional Ditargetkan Februari 2021

    Annisa ayu artanti - 13 Oktober 2020 16:42 WIB
    Legal Merger Bank Syariah Nasional Ditargetkan Februari 2021
    Ilustrasi bank bumn syariah. Foto : MI.
    Jakarta: Penggabungan atau merger bank syariah nasional yakni PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah secara legal akan tercapai pada Februari 2021.

    Hal itu seiring dengan penandatanganan conditional merger agreement yang telah dilakukan oleh ketiga bank tersebut pada Senin, 12 Oktober 2020.

    "InsyaAllah legal merger kuartal I-2021," kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Pria yang juga menjadi Ketua Tim Project Management Office dalam rencana merger ini menyebutkan total aset yang akan dimiliki oleh bank hasil merger akan berkisar Rp220 triliun sampai Rp225 triliun.

    "Tentunya ini akan menempati nomor tujuh atau delapan perbankan, top ten perbankan di Indonesia," ucapnya.

    Ia pun menegaskan pada penandatanganan conditional merger agreement bukan berarti merger ketiga bank tersebut telah selesai dilakukan. Proses tersebut ibarat baru proses peminangan saja.

    Selanjutnya, ia menambahkan, pada minggu ketiga Oktober akan diumumkan rencana merger dan setelah itu akan diurus juga mengenai perizinan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan regulator pasar modal.

    "Diharapkan Februari 2021 akan ada legal merger. Disitu penggabungan itu secara resmi terjadi," ucapnya.

    Lebih jauh, Herry memandang prospek bisnis bank syariah di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Terlebih, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia.

    Bahkan pada 2025, pihaknya memproyeksikan total aset perbankan syariah mencapai Rp390 triliun. Sementara untuk target pembiayaan dan pendanaan itu bisa mencapai Rp272 triliun dan Rp335 triliun.

    "Tentunya sejalan dengan jumlah penduduk muslim yang besar. Ini kita punya potensi dari sisi demand side untuk membangun bisnis ekonomi dan perbankan syariah yang punya skala internasional," pungkasnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id