IHSG Bakal Keok Sepanjang Mei, Sektor Properti hingga Tambang Bisa Jadi Pilihan

    Annisa ayu artanti - 06 Mei 2021 13:01 WIB
    IHSG Bakal Keok Sepanjang Mei, Sektor Properti hingga Tambang Bisa Jadi Pilihan
    Ilustrasi pergerakan IHSG - - Foto: Medcom



    Jakarta: Investment Information PT Mirae Asset Sekuritas Martha Christina memperkirakan tren Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan melemah sepanjang Mei 2021. Kecenderungan tersebut dipicu oleh sempitnya waktu perdagangan akibat libur Lebaran.
     
    "Secara teknikal IHSG masih akan bergerak secara konsolidasi dengan kecenderungan downtrend. Level support ada di level 5.883 dan resistance 5.735," kata Martha dalam Mirae Asset Media Day, Kamis, 6 Mei 2021.

    Martha menjelaskan sempitnya waktu perdagangan akan berpengaruh pada volume transaksi yang lebih rendah dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Beberapa faktor yang akan menjadi penggerak untuk perdagangan pada Mei 2021 adalah data ekonomi domestik dan global, pergerakan harga komoditas, laporan keuangan emiten di kuartal I-2021 serta perkembangan kasus covid-19 secara global dan domestik, dan keberhasilan program vaksinasi.

     



    Untuk Mei 2021, Martha menyebutkan Mirae Asset merekomendasikan tiga sektor yang dapat dicermati investor yaitu sektor konsumen primer, properti, dan barang baku.

    "Untuk sektor konsumen primer ini kami memilih subsektornya pakan ternak atau poultry, kami memilih dua emiten yakni PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN) sebagai emiten pilihan," sebutnya.

    Dua emiten tersebut disarankan Mirae Asset lantaran dari sisi pertumbuhan laba ini pada kuartal I-2021 sudah menunjukan capaian yang positf dan harga boiler telah mengalami peningkatan.

    Lalu, untuk sektor properti dipilih Mirae Asset karena berbagai program relaksasi yang diberikan oleh pemerintah. Mulai dari DP nol persen hingga penurunan suku bunga KPR yang diprediksi akan meningkatkan penjualan properti kedepannya.

    Adapun untuk saham pilihan saham untuk sektor properti yang direkomendasikan adalah PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON). Ketiga saham tersebut telah mencatatkan marketing sales yang cukup positif sepanjang tiga bulan pertama 2021.

    Selanjutnya sektor barang baku. Mirae Asset memilihnya karena seiring dengan kenaikan harga komoditas, khususnya nikel dan timah.

    Pergerakan harga komoditas nikel telah naik 10,4 persen secara bulanan dan delapan persen year to date. Sedangkan pergerakan harga komoditas timah naik signifikan yaitu 16,9 persen secara bulanan dan 45,2 persen year to date.

    "Untuk itu kami memilih dua emiten sehubungan dengan kenaikan harga komoditas yaitu PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Timah Tbk (TINS)," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id