OJK Yakin Kredit Bisa Tumbuh 3% Akhir Tahun

    Eko Nordiansyah - 10 November 2020 13:35 WIB
    OJK Yakin Kredit Bisa Tumbuh 3% Akhir Tahun
    Ilustrasi pertumbuhan kredit perbankan - - Foto: Grafis Medcom
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakin pertumbuhan kredit akan semakin meningkat menjelang akhir tahun. Bahkan, lembaga jasa keuangan ini optimistis pertumbuhan kredit bisa mencapai tiga persen di akhir 2020, meski pada September 2020 baru di angka 0,12 persen.

    "Kredit sudah membaik bahwa pertumbuhan kredit bisa mencapai tiga persen akhir tahun ini," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam webinar di Jakarta, Selasa, 10 November 2020.

    Menurutnya pemulihan ekonomi yang tengah berlangsung akan mendorong permintaan kredit. Karena itu, pertumbuhan kredit diperkirakan lebih baik dibandingkan tahun ini.

    "Tahun depan bisa kembali meski belum full normal, tapi sudah lebih tinggi dibandingkan 2020. Diperkirakan mencapai lima persen secara year on year (yoy) sampai akhir 2022," jelas dia.

    Ia menambahkan keberhasilan penanganan pandemi covid-19 juga diprediksi mendorong pertumbuhan kredit ke depan. Di samping ada harapan untuk upaya penemuan vaksin covid-19 yang bisa segera didistribusikan kepada masyarakat.

    Selain pertumbuhan kredit, OJK menyebut, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) juga bakal meningkat. Apalagi banyak masyarakat yang fokus untuk saving, lantaran didukung oleh layanan digital perbankan yang semakin baik. 

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id