Restrukturisasi Pinjaman Bank Capai Rp904,3 Triliun

    Husen Miftahudin - 27 Oktober 2020 19:55 WIB
    Restrukturisasi Pinjaman Bank Capai Rp904,3 Triliun
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso melaporkan nilai restrukturisasi pinjaman yang sudah direalisasikan industri perbankan hingga 28 September 2020 mencapai sebanyak Rp904,3 triliun. Keringanan kredit ini diberikan kepada 7,5 juta nasabah.

    "Sementara (restrukturisasi kredit) perusahaan pembiayaan per 29 September 2020 mencapai Rp170,17 triliun untuk 4,6 juta kontrak," ujar Wimboh dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual di Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Selain itu dalam rangka mendorong pemulihan kredit, pemerintah melakukan penempatan dana di Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) sebanyak Rp47,5 triliun. Dari dana itu, keempat bank pelat merah tersebut telah merealisasikan kredit sebesar Rp166,39 triliun.

    OJK juga mencatat realisasi dana pemerintah yang ditempatkan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) telah mencapai sebesar Rp17,39 triliun. Angka ini nyaris menyentuh 125 persen dari alokasi penempatan dana pemerintah sebesar Rp14 triliun.

    Selanjutnya industri bank syariah yang telah menyalurkan kredit sebesar Rp1,7 triliun. Angka itu setara 57 persen dari alokasi penempatan dana yang diberikan pemerintah sebanyak Rp3 triliun.

    "Kami yakin (angka-angka) ini masih akan terus berkembang. Oleh karenanya, OJK akan terus mendorong penyaluran kredit dan penempatan dana pemerintah yang telah ditempatkan di beberapa bank," tegas Wimboh.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id