September 2021, Kredit Perbankan Tumbuh 2,21%

    Husen Miftahudin - 19 Oktober 2021 19:21 WIB
    September 2021, Kredit Perbankan Tumbuh 2,21%
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat kredit perbankan melanjutkan pertumbuhan positif yaitu sebesar 2,21 persen (yoy) pada September 2021. Permintaan kredit membaik, terutama dari dunia usaha dan konsumsi sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat.

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari sisi penawaran, standar penyaluran kredit oleh perbankan melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko, di samping sangat longgarnya likuiditas dan penurunan suku bunga kredit baru.

     



    "Seluruh kelompok penggunaan kredit telah tumbuh positif, terutama Kredit Konsumsi dan Kredit Modal Kerja," ujar Perry dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI secara virtual, Selasa, 19 Oktober 2021.

    Perry melanjutkan, kenaikan kredit yang lebih tinggi tercatat pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR), yaitu sebesar 8,67 persen pada September 2021. Demikian pula pertumbuhan kredit UMKM meningkat menjadi sebesar 2,97 persen (yoy).

    "Hal ini menunjukkan terjadi perbaikan yang lebih lanjut pada dunia usaha, utamanya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," paparnya.

    Terkait hal tersebut, tegas Perry, Bank Indonesia akan terus melanjutkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif untuk mendorong peningkatan kredit perbankan.

    "Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan kredit pada 2021 diprakirakan pada kisaran empat persen sampai enam persen, dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada kisaran tujuh sampai sembilan persen," ucap dia.

    Secara keseluruhan, ketahanan sistem keuangan tetap terjaga dan fungsi intermediasi perbankan mengalami perbaikan secara bertahap. Rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan Agustus 2021 tetap tinggi sebesar 24,38 persen.

    "Sementara rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) tetap terjaga, yakni 3,35 persen (bruto) dan 1,08 persen (neto)," tutup Perry.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id