comscore

Komisi XI DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Deputi Gubernur BI

Husen Miftahudin - 07 Juli 2020 12:18 WIB
Komisi XI DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Deputi Gubernur BI
Ilustrasi - - Foto: dok MI
Jakarta: Komisi XI DPR menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dalam rangka proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Proses uji kelayakan akan berlangsung selama dua hari pada 7-8 Juli 2020.

"Komisi XI DPR pada hari ini akan melaksanakan fit and proper test terhadap tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia. Hari ini dua (calon) dan besok satu," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga saat mengawali rapat, Selasa, 7 Juli 2020.

 



Terdapat tiga calon yang akan menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir pada 16 Juni 2020. Ketiganya akan memperebutkan kursi Erwin sebagai Deputi Gubernur BI bidang III yang membawahi bidang moneter, stabilitas sistem keuangan, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan hukum.

Ketiga calon tersebut ialah Juda Agung yang kini menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Aida S. Budiman saat ini memegang jabatan Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. Doni Primanto Joewono dengan jabatan Kepala Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) BI.

"Ketiga nama calon Deputi Gubernur Bank Indonesia tersebut diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR sebagai calon pengganti Erwin Rijanto melalui surat Nomor: R21/Presiden/04/2020 tanggal 17 April 2020," tutur Eriko.

Dalam rapat tersebut, Komisi XI DPR meminta para calon untuk melakukan presentasi. Hal ini sesuai dengan penjelasan Pasal 41 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Ketiga calon Deputi Gubernur BI tersebut diminta mempresentasikan hal-hal yang terkait visi, pengalaman, keahlian, atau kemampuan. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan moral dan akhlak calon Deputi Gubernur BI.

"Kami mengharapkan ini akan menghasilkan sosok yang memiliki integritas, moral, dan akhlak yang tinggi dengan didukung keahlian dan pengalaman dalam menjalankan tugasnya," tutup Eriko.  


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id