Bosowa Layangkan Gugatan Terkait Kookmin Bank

    Medcom - 24 Agustus 2020 23:55 WIB
    Bosowa Layangkan Gugatan Terkait Kookmin Bank
    Ilustrasi Bank Bukopin. Foto: Dok MI
    Jakarta: Bosowa Corporindo melayangkan gugatan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait akuisisi Kookmin Bank terhadap saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP). Gugatan didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) dengan nomor perkara 480/Pdt.G/2020/PN. Jkt.Pst, tertanggal 24 Agustus 2020.

    "Kami sudah menunjuk pengacara dan melayangkan gugatan ke pengadilan negeri di Jakarta Pusat. Kita gugat perbuatan melawan hukum. Hak keperdataan yang kami rasa telah dilanggar oleh OJK," kata Direktur Utama PT Bosowa Corporindo, Rudyantho, melalui keterangan tertulis, Senin, 24 Agustus 2020.

    Rudyantho menjelaskan gugatan salah satunya dipicu anjloknya harga saham. Bosowa membeli saham Bukopin seharga Rp1.000 per lembar. Kemudian, mengalami penurunan hingga terakhir ditawar investor hanya Rp180 per lembar. 

    "Siapa yang disalahkan dalam kondisi seperti ini? Kenapa saat ini justru pemegang saham yang menanggung masalah tanpa pernah mengurai sebenarnya apa persoalan pokok di dalam masalah ini," kata dia. 

    Rudyantho juga menyatakan bahwa persoalan tentu ada di manajemen. Dan mitra serta atasan manajemen, kata dia, tak lain adalah OJK. 

    Ironisnya, lanjut Rudyantho, bukannya memberikan solusi, OJK justru tampil memberikan tekanan. Hal itu menurutnya justru melanggar peraturan yang ada. 

    "Kita diberikan surat perintah melakukan tindakan. Kami tanyakan surat perintahnya mana? Namun yang ada justru surat perintah yang isinya kami harus melanggar UU. Itu kesalahan fatal," katanya. 

    Dengan alasan itulah, kata Rudyantho, Bosowa melayangkan gugatan. Menurutnya, surat perintah yang dikeluarkan OJK merugikan pemegang saham. 

    "Kita diminta OJK memberikan kuasa kepada tim asistensi untuk melakukan, untuk mewakili, kita di RUPS. Sementara, kita sudah tahu bahwa RUPS itu akan mengabaikan hak-hak kita di Bukopin," katanya. 
     

    Halaman Selanjutnya
    Lebih lanjut, ia menilai OJK…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id