Astra Tak akan PHK Karyawan

    Annisa ayu artanti - 10 April 2020 13:19 WIB
    Astra Tak akan PHK Karyawan
    Gedung Astra. Foto: dok Astra.
    Jakarta: PT Astra International Tbk menyatakan tidak akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya kendati menghadapi situasi seperti ini.

    "Sejak dulu, setiap kali perusahaan berhadapan dengan krisis, maka PHK adalah pilihan paling akhir. Sebisa mungkin dihindari," tegas Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti kepada Medcom.id, Jumat, 10 April 2020.

    Ia menjelaskan, masih ada ruang bagi perusahaan untuk mengatasi situasi ini tanpa harus mengorbankan karyawan-karyawan. Ia menyebut di antaranya dengan melakukan pemangkasan biaya pada program-program perusahaan dan menjaga likuiditas perusahaan.

    "Perusahaan melakukan cost reduction program dan menjaga arus kas, juga menjaga likuiditas," ujarnya.

    Selain itu, lanjut Tira, perusahaan juga akan berusaha menjalankan kegiatan opersional secara efisien. Perusahaan memahami bahwa kondisi saat ini tidak menentu karena penyebaran virus korona (covid-19) sangat dinamis.

    "Perusahaan akan terus beroperasi secara efisien. Berbagai upaya mitigasi risiko sudah dan akan terus dievaluasi diseluruh lini bisnis kami," pungkasnya.

    Analis Panin Sekuritas William Hartanto juga menilai kebijakan PHK yang dilakukan beberapa perusahaan dalam menyikapi kondisi saat ini tidak akan mengobati kesehatan perusahaan.

    PHK hanya akan mengurangi pos beban gaji, sementara kegiatan operasional untuk mencetak pendapatan juga tidak akan berjalan optimal karena semakin meluasnya penyebaran virus korona. Ditambah, pemerintah telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    "PHK mengurangi beban gaji, namun penjualan juga diperkirakan menurun seiring dengan penerapan PSBB yang membatasi gerakan masyarakat," kata William.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id