Tindak Lanjut Sri Mulyani Atas Temuan BPK soal Asabri dan Jiwasraya

    Eko Nordiansyah - 09 September 2020 17:23 WIB
    Tindak Lanjut Sri Mulyani Atas Temuan BPK soal Asabri dan Jiwasraya
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dok MI/M. Irfan.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku telah menyiapkan tindak lanjut atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Terutama yang berkaitan dengan Penyertaan Modal Negara (PMN) di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri.

    "Pemerintah telah meminta PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri untuk merencanakan pemeriksaan laporan keuangan 2020 sehingga dapat mendukung penyajian investasi permanen pada LKPP Tahun 2020 secara andal," kata dia dalam rapat dengan Komite IV DPD di Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

    Selain itu, Sri Mulyani juga menindaklanjuti terkait dengan temuan kewajiban atas program pensiunan dan potensi Unfunded Past Service Liability (UPSL) pada PT Asabri.

    Menurutnya, pemerintah akan menyusun rencana penyelesaian ketentuan dan standar terkait penyajian kewajiban jangka panjang program pensiun, melakukan kajian dan penyesuaian atas penggunaan asumsi, serta metode perhitungan aktuaria.

    "Serta menyempurnakan kebijakan akuntansi pemerintah pusat untuk pengungkapan nilai kewajiban jangka panjang pensiun," ungkap dia.

    Dalam pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019, BPK menyebut kewajiban pemerintah selaku pemegang saham pengendali PT Asabri (Persero) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) belum diukur/diestimasi.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id