comscore

Pentingnya Punya Dana Darurat dalam Perencanaan Keuangan

Angga Bratadharma - 01 Oktober 2021 19:40 WIB
Pentingnya Punya Dana Darurat dalam Perencanaan Keuangan
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Perencana Keuangan Melvin Mumpuni menekankan pentingnya memiliki dana darurat dalam hal pengelolaan keuangan. Bahkan, dana darurat akan sangat berguna di saat pandemi covid-19, terutama ketika menghantam seseorang dan imbasnya seseorang tersebut kehilangan pekerjaan dan tidak ada pemasukan bagi diri sendiri dan keluarga.

"Dana darurat ini penting sekali. Kenapa? Karena ada beberapa orang yang penghasilannya terganggu sedikit atau ada yang banyak oleh covid-19. Dana darurat bisa digunakan ketika ada covid-19 dan membuat tenang," kata Melvin, dalam webinar bertajuk 'Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan', Jumat, 1 Oktober 2021.
Menurutnya dana darurat idealnya yakni bagi yang single atau belum menikah adalah enam kali pengeluaran. Mereka yang berkeluarga sembilan kali pengeluaran. Kemudian mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak adalah 12 kali pengeluaran. Dana darurat penting guna memitigasi risiko jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti pandemi covid-19.

"Misal pengeluarannya Rp10 juta per bulan. Maka yang single enam kali Rp10 juta maka Rp60 juta untuk dana darurat. Yang sudah menikah sembilan kali Rp10 juta maka Rp90 juta untuk dana darurat. Dana daruratnya terserah apakah di deposito, logam mulia, atau di reksa dana pasar uang. Bebas," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pandemi covid-19 mengajarkan dari aspek perencanaan keuangan bahwa sumber pemasukan sebisa mungkin tidak hanya dari satu sumber. Perlu ada pemasukan lain sebagai bantalan jika sumber utama pemasukan menghadapi hambatan. Kemudian, pandemi mengajarkan bahwa dana darurat memiliki peranan penting.

"Ketiga lunasi utang-utang yang tidak konsumtif. Keempat, memiliki asuransi untuk kesehatan dan jiwa," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id