Survei: Konsumen di Indonesia Pilih Berbelanja Daring di Festival Akhir Tahun

    Angga Bratadharma - 28 Oktober 2021 14:01 WIB
    Survei: Konsumen di Indonesia Pilih Berbelanja Daring di Festival Akhir Tahun
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Jakarta: Survei dari InMobi menunjukkan lebih dari 92 persen konsumen di Indonesia berencana menggunakan platform daring untuk berbelanja di festival belanja tahun ini, dengan terdapat 37 persen konsumen baru pertama kali berbelanja secara daring. Kondisi itu terjadi seiring pandemi covid-19 yang masih belum usai.

    Survei yang bertajuk 'Decoding the Connected Southeast Asian Festive Shopper in 2021' itu menelusuri kecenderungan belanja konsumen menjelang masa liburan di Indonesia, Singapura dan Filipina. Hal itu termasuk rencana belanja, ketertarikan kategori produk, anggaran belanja dan proses belanja.

     



    Survei dilakukan dari 2.000 pengguna smartphone di sejumlah kota di Indonesia dengan menggunakan intelligence platform pulse, guna mengetahui mengenai preferensi konsumen, pola belanja, jadwal belanja puncak, dan pola penggunaan perangkat.

    Adapun pandemi covid-19 berdampak signifikan terhadap kebiasaan belanja akhir tahun di Asia Tenggara, di mana terdapat pengurangan anggaran belanja dan adanya kekhawatiran terhadap risiko penularan. Namun demikian, dengan dimulainya festival belanja di Indonesia sejak awal September hingga akhir tahun, konsumen di Indonesia memilih belanja daring.

    Laporan InMobi juga mengungkapkan, sebagai salah satu pasar daring terbesar di Asia Tenggara, sebagian besar konsumen memilih saluran daring di semua level untuk berbelanja. Sebanyak 37 persen responden menggunakan perangkat daring untuk mempelajari penawaran yang ada, 71 persen untuk menelusuri, dan 69 persen untuk membeli.  

    Vice President & GM, Southeast Asia, Japan & Korea, InMobi Rishi Bedi mengatakan penjualan biasanya meningkat di Indonesia di masa festival belanja, khususnya dengan event penjualan di tanggal kembar (9.9, 10.10, 11.11) dan Harbolnas 12.12. Pandemi hanya mengubah platform, bukan tren.

    "Karena sebagian besar konsumen di Indonesia mengutamakan perangkat daring sehingga penting bagi merek untuk mengikuti melalui strategi pemasaran agar bisa sepenuhnya memanfaatkan pembelian berkelanjutan ini. Jika tidak, merek akan kehilangan peluang di pasar yang semakin jenuh," ujar Rishi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 28 Oktober 2021.

    InMobi mengidentifikasi ada tiga tipe pembeli utama yang mendominasi pada festival belanja mendatang. Mereka adalah pemburu penawaran yakni pembeli yang belum merencanakan pembelian mereka dan sedang menunggu penawaran terbaik.

    Kemudian penjelajah kategori yaitu pembeli yang telah memutuskan kategori apa yang ingin dibeli, tetapi belum menentukan produk atau merek. Lalu penyuka merek yakni pembeli yang telah memutuskan untuk membeli merek dan produk yang akan mereka beli.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id