Gerak IHSG Hari Ini Cenderung di Zona Hijau

    Ade Hapsari Lestarini - 06 Juli 2020 08:22 WIB
    Gerak IHSG Hari Ini Cenderung di Zona Hijau
    Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi akan berada di zona hijau. Sentimen positif bursa global dan regional menjadi pemicunya.

    "Kami perkirakan IHSG cenderung menguat hari ini," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Senin, 6 Juli 2020.

    Pagi ini, indeks Nikkei Jepang dibuka menguat 0,52 persen. Nikkei 225 melambung 116,52 poin menjadi 22.423. Senada, indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,78 persen atau setara 16,83 poin menjadi 2.169.

    Bursa AS tutup pada Jumat minggu lalu menyambut Hari Kemerdekaan AS yang jatuh pada Sabtu, 4 Juli. Hingga Kamis, indeks Dow dan S&P 500 telah menguat hampir 40 persen sejak mencapai level terendah tahun ini di akhir Maret karena efek covid-19.

    Di sisi lain, indeks Nasdaq telah menguat hampir 50 persen dalam periode yang sama. Namun kasus covid-19 malah mencapai level harian tertinggi sebesar 52 ribu kasus di Kamis.

    Adapun 10 ribu di antaranya di Florida. Hal ini kembali menimbulkan kekhawatiran sebagian masyarakat terkait perayaan 4th of July.

    IHSG sendiri ditutup menguat 0,14 persen ke level 4.973m8 pada Jumat lalu di saat investor asing mencatatkan net buy pada pasar reguler sebesar Rp108,2 miliar.

    Serta net sell pada pasar negosiasi senilai Rp14,8 miliar. Rupiah melemah satu persen ke level Rp14.523 per USD pada perdagangan akhir pekan lalu.

    "Namun secara fundamental kami melihat kemungkinan pelemahan nilai tukar rupiah secara drastis sulit terjadi, karena CAD kami perkirakan akan turun drastis dengan potensi terjadinya kontraksi ekonomi di 2020 ini," pungkasnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id