Layanan Syariah LinkAja Mudahkan Berkurban secara Digital

    Medcom - 30 Juli 2020 16:18 WIB
    Layanan Syariah LinkAja Mudahkan Berkurban secara Digital
    Layanan Syariah LinkAja. Foto: dok LinkAja.
    Jakarta: Layanan Syariah LinkAja, uang elektronik berbasis syariah pertama di Indonesia, memudahkan pengguna berkurban melalui aplikasi dalam menyambut Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah.

    Melalui fitur ini, pengguna dapat menunaikan ibadah kurban dengan aman dan berkah tanpa harus melakukan kontak fisik sesuai dengan anjuran Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Agama (Kemenag) melalui surat edaran panduan pelaksanaan kurban selama pandemi.

    "Tahun ini umat muslim di Indonesia menjalankan hari raya kurban dalam keadaan yang berbeda. Kami harap hal ini tidak meluruhkan niat dan amal perbuatan setiap umat untuk tetap dapat menunaikan ibadah Iduladha dengan penuh berkah. Kami berupaya menjawab kebutuhan masyarakat untuk tetap dapat menunaikan ibadah kurban dengan aman, cepat, dan terpercaya," tutur Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja, dalam keterangan resminya, Kamis, 30 Juli 2020.

    Perseroan bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra penyedia kurban terpercaya, fitur kurban Layanan Syariah LinkAja dapat menyalurkan kurban hingga ke pelosok daerah, di antaranya melalui Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, Rumah Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),
    Qurban Nusantara, Baitul Maal Hidayatullah Palembang, dan berbagai lembaga lainnya.

    Dia mengatakan untuk dapat memanfaatkan kemudahan kurban digital ini, pengguna dapat memilih ikon kurban yang tersedia di aplikasi Layanan Syariah LinkAja lalu memilih lembaga penyalur kurban dan jenis hewan kurban yang diinginkan.

    Setelah melakukan pembayaran, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengisi nama pengkurban dan e-mail untuk laporan kurban melalui form linktr.ee/kurbanlsla. Seluruh kegiatan transaksi dan promo berkah yang dihadirkan oleh Layanan Syariah LinkAja telah sesuai dengan standar kepatuhan syariah yang disahkan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) LinkAja.

    Dalam implementasinya, Layanan Syariah LinkAja mengedepankan beberapa prinsip dasar, yaitu penempatan dana bekerja sama dengan sejumlah bank syariah, mengaplikasikan tata cara transaksi yang sesuai dengan kaidah syariah, serta dapat diterima di seluruh merchant LinkAja.

    Di samping itu, Layanan Syariah LinkAja juga menghadirkan beragam produk yang sesuai dengan akad syariah dengan tidak ada unsur maisyir (judi), gharar (ketidakjelasan), riba (tambahan), zalim, dan barang tidak halal.

    Saat ini Layanan Syariah LinkAja telah bekerja sama dengan lebih dari 242 lembaga dan institusi penyaluran ZISWAF, lebih dari 1.000 masjid, pesantren, serta beberapa mitra e-commerce dan offline merchants. Selain itu juga berkolaborasi dengan beberapa partner lokal yang berada di beberapa area seperti Jambi, Lampung, Palembang, Aceh, Pematang Siantar, Cirebon, Karawang, Makassar, Greater Jakarta, Batam, Maluku, Kediri, dan Surabaya.

    "Layanan Syariah LinkAja memiliki fungsi uang elektronik yang beragam di setiap ekosistemnya, mulai dari sarana pembayaran iuran SPP di pesantren/sekolah swasta Islam, pembayaran zakat infaq sedekah di Masjid dan Lembaga Amil Zakat, pembayaran nontunai di modern retail lokal, wisata kuliner/kafe halal, titik cash in cash out CICO) atau transfer/top up, pembayaran pajak dan retribusi daerah melalui bank lokal, hingga pembayaran elektronik lainnya untuk mendukung aktivitas transaksi berkah yang dilaksanakan di berbagai komunitas Islam di seluruh Indonesia," jelasnya.

    Seluruh pengguna LinkAja dapat mengubah akun ke Layanan Syariah LinkAja dengan klik banner Layanan Syariah LinkAja yang terdapat di halaman utama aplikasi, melakukan aktivasi akun dan memasukkan PIN, setelah itu pengguna sudah dapat langsung memanfaatkan produk Layanan Syariah LinkAja melalui aplikasi.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id