Transaksi Digital Perbankan Tumbuh hingga 30,33%

    Husen Miftahudin - 16 Juli 2020 21:17 WIB
    Transaksi Digital Perbankan Tumbuh hingga 30,33%
    Ilustrasi. Foto: Antara/Wahyu Putro
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi digital perbankan (banking) pada Mei 2020 mengalami pertumbuhan signifikan hingga 30,33 persen year on year (yoy). Transaksi uang elektronik pada periode yang sama juga mencatatkan pertumbuhan cukup signifikan, yakni sebesar 17,31 persen (yoy).

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan elektronifikasi penyaluran program bantuan sosial (bansos) pemerintah pusat dan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah berkembang pesat, sejalan dengan program digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia.

    "Perkembangan positif ini menunjukkan akseptasi transaksi ekonomi dan keuangan masyarakat secara digital semakin meningkat di tengah pandemi covid-19," ujar Perry ujar Perry dalam telekonferensi hasil RDG periode Juli 2020 di Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020.

    Namun sayangnya, pertumbuhan Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Juni 2020 tercatat hanya 2,34 persen (yoy), sehingga menjadi sebesar Rp744,9 triliun. Perkembangan UYD yang masih terbatas ini dipengaruhi oleh menurunnya aktivitas ekonomi pada kuartal II-2020

    "Sejalan dengan kondisi itu, transaksi nontunai menggunakan ATM, kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik pada Mei 2020 mengalami penurunan 24,46 persen (yoy)," paparnya.

    Meskipun demikian, Perry memastikan kelancaran sistem pembayaran baik tunai maupun nontunai tetap terjaga.

    Ke depan, Bank Indonesia terus mempercepat implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk mendukung aktivitas ekonomi dan keuangan digital di era kenormalan baru (new normal), mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan.

    "Bank Indonesia juga akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mendukung penyaluran bantuan sosial nontunai dalam rangka pemulihan ekonomi," tutup Perry.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id