Jumlah Investor Naik 56%, Milenial Kuasai Pasar Modal

    Husen Miftahudin - 04 Januari 2021 09:46 WIB
    Jumlah Investor Naik 56%, Milenial Kuasai Pasar Modal
    Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. Foto : Screenshot ZOOM.
    Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan industri pasar modal Indonesia saat ini telah memasuki fase pemulihan dari pandemi covid-19. Hal tersebut menjadi momentum bagi bangkitnya industri pasar modal yang salah satu contohnya tercermin dari naiknya peningkatan transaksi investor.

    "Di sinyal pemulihan, tentunya dapat kami sampaikan bahwa transaksi investor (naik) sebesar 73 persen dari tahun sebelumnya dengan transaksi sektor ritel yang meningkat empat kali lipat dan merupakan yang tertinggi di ASEAN," ungkap Wimboh dalam acara Pembukaan Perdagangan BEI 2021, di Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.

    Selain itu, jumlah investor pasar modal juga mengalami kenaikan sebesar 56 persen dibandingkan 2019 menjadi 3,88 juta investor. Jumlah ini didominasi oleh investor domestik yang berumur di bawah 30 tahun atau generasi milenial yang tercatat sebesar 54,79 persen dari total investor.

    "Ini juga bagus karena sekarang anak-anak muda yang biasanya piknik, yang biasanya spending. Ini ruang spending dan pikinik terbatas, sehingga silakan uangnya dimasukkan di pasar modal melalui investasi ritel yang kita ciptakan dengan semua elektronik, tidak perlu hadir fisik, menggunakan internet, silakan," tuturnya.

    Wimboh menambahkan antusiasme kalangan korporasi untuk terus menggalang dana melalui penawaran umum juga masih terjaga di masa pandemi. Tercatat sebanyak 53 emiten baru dengan 51 perusahaan tercatat di bursa.

    "Jumlah ini merupakan yang tertinggi di ASEAN, dengan nilai penghimpunan dana melalui penawaran umum pasar modal mencapai sebesar Rp118,7 triliun," papar dia.

    Terakhir, capaian kebangkitan industri pasar modal Indonesia di tengah pandemi covid-19 tercermin dari diperolehnya pengakuan secara global sebagai The Best Islamic Capital Market 2020 dari Global Islamic Finance Awards.

    "Kita didukung Roadmap Pasar Modal Syariah 2020-2024. Jadi indikasi tersebut memberikan keyakinan kita bahwa pasar modal Indonesia sudah mulai bangkit," pungkas Wimboh.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id