Pertumbuhan Ekonomi Amerika Latin Diprediksi Membaik pada 2020

    Arif Wicaksono - 22 Desember 2019 20:00 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi Amerika Latin Diprediksi Membaik pada 2020
    ilustrasi salah satu negara amerika latin. Foto : AFP.
    Mexico City: Moody's Analytics memprediksi bahwa Perekonomian Amerika Latin akan membaik pada 2020 karena berkurangnya kekhawatiran akan risiko politik dan bisnis  global.

    "Setelah menunjukkan pertumbuhan hampir nol pada 2019, ekonomi kawasan itu bisa tumbuh antara 1,0 persen dan 1,3 persen tahun depan," kata Direktur Riset Ekonomi Amerika Latin Moody's Analytics Alfredo Coutino, dikutip dari Xinhua, Minggu, 22 Desember 2019.

    Dia menjelaskan risiko besar yang dapat mengubah prospek regional adalah eksternal, seperti intensifikasi perang tarif. Dia menunjuk tweet Presiden AS Donald Trump awal bulan ini mengatakan bahwa Amerika Serikat akan "mengembalikan" tarif impor baja dan aluminium dari Brasil dan Argentina.

    Secara internal, kata Coutino, suku bunga, investasi, dan konsumsi dapat dipengaruhi oleh berlanjutnya kerusuhan sosial di beberapa negara Amerika Latin.

    Direktur Ekonomi Amerika Latin dan Karibia di penyedia informasi global IHS Markit, Rafael Amiel mengatakan berkurangnya pendorong ekonomi global pada 2020, terutama dalam perdagangan dan investasi swasta.

    "Kami tidak pesimistis tentang kemungkinan jatuh ke dalam resesi, dengan pengecualian Argentina, tetapi akan ada perubahan, dengan pemerintah membelanjakan lebih banyak pada proyek-proyek sosial" dalam menanggapi kerusuhan regional," kata Amiel.

    Inter-American Development Bank mengindikasikan minggu ini dalam sebuah laporan bahwa ekspor barang-barang regional turun 2,4 persen pada 2019, setelah tumbuh 8,7 persen pada 2018 dan 12,2 persen pada 2017.

    "Sinyal politik tentang konflik perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra utamanya menunjukkan fase distensi, meskipun tingkat ketidakpastian yang tinggi masih ada, yang harus hilang untuk pengaktifan kembali investasi dan perdagangan dunia yang berkelanjutan," kata laporan itu.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id