Kemilau Emas Dunia Melambung

    Antara - 19 November 2019 07:43 WIB
    Kemilau Emas Dunia Melambung
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    Chicago: Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB). Penguatan terjadi dipicu oleh pelemahan dolar Amerika Serikat (USD) dan penurunan imbal hasil obligasi Pemerintah Amerika Serikat.

    Mengutip Antara, Selasa, 19 November 2019, kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Desember naik USD3,40 atau 0,23 persen menjadi USD1.471,90 per ons. Dolar turun terhadap yen dan euro setelah sebuah laporan media memupus harapan baru bahwa Amerika Serikat dan Tiongkok hampir mencapai kesepakatan perdagangan.

    CNBC melaporkan bahwa Tiongkok pesimistis mencapai kesepakatan perdagangan karena keengganan Presiden AS Donald Trump untuk menurunkan tarif. Itu terjadi setelah media Pemerintah Tiongkok, Xinhua mengatakan, Tiongkok dan AS melakukan pembicaraan konstruktif tentang perdagangan melalui panggilan telepon tingkat tinggi pada Sabtu, 16 November.

    "Saya pikir pasar bereaksi berlebihan terhadap hal ini. Tidak ada yang substantif yang keluar yang menunjukkan bahwa kesepakatan itu aktif atau tidak, itu hanya pasang surut dari berita setiap hari," kata Ahli Strategi Senior FX TD Securities Mazen Issa, di New York.

    Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, turun 0,27 persen menjadi 97,74 tak lama sebelum penyelesaian emas. Ketika dolar AS melemah membuat harga emas dalam dolar lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

    Dukungan tambahan untuk emas berjangka datang dari pasar obligasi Pemerintah AS. Imbal hasil surat utang pemerintah bertenor 10-tahun yang dijadikan sebagai acuan turun lebih dari dua basis poin menjadi sekitar 1,81 persen, mendorong beberapa investor beralih ke emas.

    Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik sebanyak 5,2 sen atau 0,31 persen menjadi USD17,00 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Januari naik USD0,5 atau 0,06 persen menjadi USD895,00 per ons.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id